KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - UNIQLO, perusahaan ritel asal Jepang telah mendonasikan lebih dari satu juta pakaian baru, termasuk produk HEATTECH/AIRism, ke 28 negara dan wilayah. Donasi ini merupakan bagian dari inisiatif “The Heart of LifeWear”, yang diluncurkan pada musim dingin 2024 untuk menandai ulang tahun UNIQLO ke-40. Inisiatif ini bertujuan memberikan kehidupan yang lebih baik untuk individu dan masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia. (19/5/2025)
Donasi Lebih dari Setengah
Juta HEATTECH untuk Orang-orang di Kamp Pengungsian Yordania
Pada bulan Februari 2025, UNIQLO mengirimkan 530.000 pakaian hangat
HEATTECH kepada para pengungsi di Yordania, bekerja sama dengan UNHCR (Badan
Pengungsi PBB), yang merupakan mitra global UNIQLO. Sekitar 70.000 orang
tinggal di kamp pengungsi Za’atari, salah satu kamp terbesar di Timur Tengah
dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Saat ini, masih ada sekitar
560.000 pengungsi Suriah yang tinggal di Yordania.
Setengah Juta HEATTECH Juga
Disumbangkan ke 28 Wilayah Lainnya
Selain di Yordania, UNIQLO juga menyalurkan sekitar 470.000 pakaian
untuk membantu orang-orang yang sangat membutuhkan pakaian, termasuk korban
bencana alam, tunawisma dan orang-orang yang berada dalam kemiskinan, juga
anak-anak yang kurang beruntung. Penyaluran bantuan dilakukan melalui kemitraan
dengan organisasi lokal, serta partisipasi aktif dari manajer toko dan staf
UNIQLO di seluruh dunia.
Inisiatif The Heart of LifeWear juga didukung oleh UNIQLO LifeWear
Special Ambassador, Haruka Ayase, bersama UNIQLO Global Brand Ambassadors
seperti Roger Federer, Kei Nishikori, Shingo Kunieda, Gordon Reid, dan Ayumu
Hirano, serta TORAY Group, salah satu produsen tekstil terkemuka di dunia yang
juga merupakan mitra pengembangan HEATTECH. Para duta UNIQLO ini turut
membagikan secara langsung pakaian HEATTECH kepada penerima manfaat, serta
menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti coaching
clinic, talk show, dan berbagai
aktivitas lainnya yang menyebarkan kebahagiaan dan harapan.
Rincian Donasi Global
(Jumlah Item)
Negara/ Wilayah |
Total Donasi |
HEATTECH |
AIRism |
Penerima Utama |
Yordania |
532,135 |
532,135 |
- |
Pengungsi |
Jepang |
66,310 |
66,310 |
- |
Korban gempa dan hujan lebat, panti
asuhan |
Tiongkok |
100,000 |
100,000 |
- |
Korban bencana, keluarga miskin, pekerja
esensial |
Hong Kong |
10,000 |
10,000 |
- |
Keluarga miskin, anak-anak, pekerja
esensial |
Taiwan |
10,127 |
10,127 |
- |
Keluarga miskin |
Korea Selatan |
50,000 |
50,000 |
- |
Lansia berpenghasilan rendah |
Singapura |
10,041 |
3,616 |
6,425 |
Pekerja esensial |
Malaysia |
15,034 |
- |
15,034 |
Pengungsi, keluarga miskin, anak-anak
sakit, korban kekerasan dalam rumah tangga |
Thailand |
15,000 |
15,000 |
- |
Keluarga miskin, minoritas |
Filipina |
10,600 |
600 |
10,000 |
Keluarga miskin, pekerja esensial |
Indonesia |
15,500 |
- |
15,500 |
Pengungsi, korban bencana, anak-anak,
keluarga berpenghasilan rendah |
Vietnam |
10,000 |
10,000 |
- |
Anak-anak di daerah terpencil |
Australia |
20,194 |
20,194 |
- |
Pengungsi, anak-anak, keluarga
berpenghasilan rendah |
India |
10,000 |
- |
10,000 |
Anak-anak di daerah terpencil |
Amerika Serikat |
52,272 |
52,272 |
- |
Keluarga miskin, tunawisma, remaja di
tempat penampungan |
Kanada |
29,206 |
29,206 |
- |
Pengungsi, anak-anak, keluarga
berpenghasilan rendah |
Eropa (12 negara) |
105,786 |
105,786 |
- |
Pengungsi, anak-anak, keluarga berpenghasilan
rendah |
Total |
1,062,205 |
1,005,246 |
56,959 |
|
Tentang The Heart of
LifeWear
The Heart of LifeWear merupakan inisiatif global UNIQLO, untuk menjawab
pertanyaan “What makes life better?”,
dan mengambil tindakan nyata untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat
melalui LifeWear. Ke depannya, UNIQLO akan terus berkomitmen untuk
membuat hidup lebih mudah bagi pengungsi, anak-anak, korban
bencana, dan orang-orang yang berada dalam situasi sulit di seluruh dunia.
Tentang Kemitraan Global
Fast Retailing dengan UNHCR
Sejak 2006, Fast Retailing telah bekerja sama dengan UNHCR untuk memberikan bantuan kepada pengungsi dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal, dan menjadikan inisiatif ini sebagai salah satu komponen utama dari program keberlanjutannya. Pada 2011, untuk memberikan dukungan yang lebih komprehensif guna menyelesaikan krisis pengungsi, Fast Retailing menjadi perusahaan Asia pertama yang menjalin kemitraan global dengan UNHCR.
Selain
menyumbangkan pakaian bekas melalui inisiatif daur ulang untuk kamp pengungsi,
perusahaan juga menjalankan program dukungan kemandirian bagi pengungsi,
mempekerjakan mereka di toko UNIQLO, serta menjalankan kampanye kesadaran
publik. (Tim Liputan)
Editor : Aan