Negara-Negara Asia Tenggara Akan Mengoperasikan PSPP Baru Berkapasitas 16 GW Pada Dekade Berikutnya

Editor: Redaksi author photo

Negara-Negara Asia Tenggara Akan Mengoperasikan PSPP Baru Berkapasitas 16 GW Pada Dekade Berikutnya

KALBARNEWS.CO.ID (THAILAND)
- Kontribusi utama terhadap peningkatan ini akan diberikan oleh Filipina, yang memiliki proyek dengan total kapasitas 5,7 GW pada tahap pra-investasi. Sementara itu, proyek sebesar 4,5 GW dan 4,2 GW masing-masing direncanakan di Vietnam dan Indonesia, dengan kapasitas 1,6 GW direncanakan di Thailand.

 


Peluncuran kapasitas baru akan membantu menyeimbangkan sistem energi dalam konteks pesatnya perkembangan sumber energi terbarukan.



 

Biasanya, pembangkit listrik penyimpanan yang dipompa dilengkapi dengan dua reservoir air dengan perbedaan ketinggian: dalam kondisi permintaan rendah, listrik yang lebih murah dari jaringan umum digunakan untuk memompa air dari reservoir bawah ke reservoir atas, dari mana air tersebut didapat. dibuang ke reservoir bawah pada saat beban jaringan bertambah, memicu turbin air.




Dalam kurun waktu 2013 hingga 2023, negara-negara ASEAN yang meliputi Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, dan Singapura serta Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina, meningkatkan kapasitas pembangkit listrik berbasis energi terbarukan mereka lebih dari lima kali lipat. (dari 9,4 GW menjadi 48,6 GW, tidak termasuk pembangkit listrik tenaga air).



 

Porsi keseluruhan pembangkit listrik tenaga angin, panel surya, dan unit biomassa dalam bauran energi negara-negara ASEAN meningkat dari 4,6% menjadi 10,0% selama periode tersebut, sementara semua jenis HPP tetap sebesar 15,5%.



 

Oleh karena itu, peluncuran PSPP baru akan memungkinkan negara-negara di kawasan ini untuk mempercepat infrastruktur pembangkit listrik tenaga air mereka seiring dengan pengembangan semua energi terbarukan lainnya.



 

Tidak seperti cara penyimpanan energi lainnya, efisiensi PSPP, yaitu rasio listrik regenerasi terhadap listrik kinetik yang disimpan, tidak bergantung pada jumlah siklus pengisian-pengosongan.



 

Masa pakai maksimum PSPP melebihi 75 tahun, sedangkan baterai lithium-ion dapat bertahan tidak lebih dari 15 tahun penggunaan (walaupun perangkat penyimpanan energi menjadi lebih cepat usang).



 

Hal ini sebagian besar menjelaskan percepatan pengoperasian pembangkit listrik pumped storage: menurut Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA), total 14,8 GW PSPP diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2022–2023, melebihi kapasitas agregat PSPP yang diluncurkan pada tahun 2016–2021 (13,1 GW).



 

Kontributor utama pembangunan PSPP baru adalah Tiongkok, yang mengoperasikan kapasitas penyimpanan yang dipompa sebesar 14,5 GW; sisanya 0,3 GW berasal dari Eropa dan Amerika Utara. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini