Wakili Bupati, Sekda Ketapang Hadiri World Water Forum Ke-10 Di Bali

Editor: Redaksi author photo

Wakili Bupati, Sekda Ketapang Hadiri World Water Forum Ke-10 Di Bali
KALBARNEWS.CO.ID (BALI) – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S. STP,M. Si. menghadiri World Water Forum Ke-10, di Bali, (18-25 Mei 2024). 

 

Dalam rangkaian acara World Water Forum (WWF) Ke-10, Kementrian PUTR menyelenggarakan special event dengan tema, “Achieving Universal Access of Water Supply Service and 2045 Indonesia Emas Vision Through water supply Sector Transformation”. 

 

Tema tersebut didapat dari pengalaman negara Portugal.

 

Dalam forum tersebut, Menteri PUTR Basuki Hadimuljono  dan delegasi Portugal  memberikan paparan tentang WWF di Ball Room Grand Hyatt Bali.  

 

Mereka mengatakan, tujuan diadakannya  WWF adalah untuk mengatasi isu-isu air global. Isu air global ini sebetulnya sudah dibahas sejak pertama kali diadakan WWF, yakni pada tahun 1997. Sejak itu pula, WWF menjadi acara penting dalam agenda global mengenai isu-isu air.

 

Setelah WWF ke-9 di Nigeria, maka  Indonesia dipercayai menjadi tuan rumah World Water Forum yang ke-10. WWF yang ke 10 ini mengusung tema, "Water For Shared Prosperity" atau “Air Untuk Kesejahteraan Bersama”.

 

Rangkaian pembukaan WWF ke-10 telah dimulai sejak Sabtu (18/5/2024) dengan ritual upacara Segara Kerthi, yang dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali, Denpasar.

 

World Water Forum sendiri diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dengan kerja sama antara negara tuan rumah dan World Water Council (WWC).

 

Forum tersebut menjadi sarana pertemuan internasional, yang membahas tentang isu-isu air secara global, khususnya membahas serta merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia.

 

Dalam event berskala Internasional World Water Forum (WWF) ke-10, Pertamina Group juga memaparkan sejumlah upaya untuk menjaga keberlangsungan air bersih.

(Fendi's/Tim).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini