Monitoring Dan Evaluasi Capaian Dan Target KKN Kebangsaan XI Tahun 2023

Editor: Redaksi author photo

Stadium General Prof Rokhmin Di Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak


KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XI Tahun 2023 yang telah dibuka secara resmi oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng., selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada Kamis/20 Juli 2023 di Gelanggang Olah Raga Universitas Tanjungpura telah berjalan lebih kurang 15 hari atau setengah dari waktu yang direncanakan selama 30 hari atau satu bulan.

 

Berbagai kegiatan dan program telah dijalankan oleh masing-masing kelompok mahasiswa di masing-masing desa yang mereka tempati.


Sebagian laporan kegiatan dilaporkan dalam grup-grup social media yang telah dibentuk mulai dari grup Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kabupaten Bengkayang dan Sambas.  Grup LO dari masing-masing Desa yang telah ditunjuk oleh panitia pelaksana juga tidak kalah dalam ikut melaporkan berbagai kegiatan dari masing-masing desa.


Namun dengan berbagai kondisi dan keterbatas yang tidak bisa dihindari di beberapa desa lokasi penempatan KKN kebangsaan tidak dapat secara maksimal melaporkan kegiatan dan rencana program di sisa waktu yang ada.


Maka dengan metode online dalam melakukan monitoring dan evaluasi (monev) akan cukup sulit dilakukan secara maksimal.  Untuk itu lah dengan segala upaya beberapa DPL tetap melakukan secara langsung atau offline.


DPL Tim 38 Desa Sungkung I, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Dr. Ir. H. Feira B. Arief, M. Si., IPM, ASEAN Eng., dengan ijin dan dukungan penuh Bapak Ir. Junaidi, M. Sc. Selaku Wakil Rektor IV dan Dr.-Ing. Ir. Eka Priadi, M. T. selaku Ketua Pelaksana KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 telah melakukan monitoring dan evaluasi 4 s.d. 6 Agustus 2023.


Monev secara langsung atau offline harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan mendasar seperti lokasi desa yang sangat jauh dan cukup sulit untuk mendapat sinyal untuk melakukan pelaporan secara online.  Untuk samppai ke Desa Sungkung I, II dan III atau yang sering disebut Sungkung koplek tidak dapat dicapai satu hari perjalanan.  Pontianak dengan menggunakan mobil atau taksi sampai ke Kecamatan Jagoi Babang lebih kurang 5-6 jam.  


Keesokan hari baru dilanjutkan menggunakan ojek ke Desa dengan memakan waktu 5-6 jam tergantu cuaca.  Karena jika hujan makan informasinya bisa seharian baru sampai ke desa.  Sebagai contoh saat pemberangkatan, Senin/24 Juli 2023 dari Halaman Rektorat sekitar pukul 3 dini hari menggunakan bis DAMRI.  Istirahat sholat subuh di Sungai Pinyuh sebelum pukul 5 pagi.  Perjalanan dilanjutkan sampai Kantor Bupati Bengkayang tempat acara penyambutan oleH Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, S. E., M. M.


Selesai acara maka perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Jagoi Babang.  Untuk tim yang Kecamatan Siding sebagian perjalanan berakhir di Puskesmas Siding.  Menginap semalam dan keesokan hari nya, Selasa/25 Juli 2023 baru melanjutkan dengan ojek ke desa.


Selanjutnya melalui monev secara langsung didapat informasi program apa saja yang telah dilakukan oleh tim mahasiswa selama setengah bulan pertama dengan memeriksa langsung buku harian atau logbook masing-masing mahasiswa.  Selaku DPL dapat pula melihat secara langsung di desa seperti pembuatan plank papan nama batas dusun dan RT di Desa Sungkkung I.  Bahkan ada mahasiswa dibantu teman-teman satu tim menyelesaikan peta informatif desa terkait lokasi-lokasi fasilitas umum seputar desa.


Capaian berikutnya adalah target program dari pengelolaan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 yang selalu dibimbing dan tidak bosan-bosanya diingatkan oleh Bapak Dr. Ir. M. Iqbal Arsyad, M.T., IPM selaku Wakil Ketua Pelaksana, terkait Tim Relawan Desa Tanggap Bencana (DESTANA). Alhamdulillah Desa  Sungkung I Bersama Pimpinan Desa beserta segenap unsur pemerintahan desa telah mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Desa terkait DESTANA ini. 

KOORDINASI TIM DAN PERANGKAT DESA Feira B. Arief sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) membantu memfasilitasi hal-hal yang perlu koordinasi dan dukungan pihak desa mendukung target kegiatan disisa 11 hari ke depan di kelompok 38 Desa Sungkung I, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

 

Kehadiran secara langsung DPL pada pertemuan koordinasi antara tim mahasiswa dan perangkat desa dirasakan sekali manfaatnya.  Sebagaimana disampaikan para mahasiswa dimana hal-hal yang selama ini belum jelas menjadi jelas misalnya dalam rencana kegiatan siapa dan apa saja yang mereka butuhkan dari desa.

Tim 38 Desa Sungkung I ke depan masih menarget beberapa kegiatan antara lain: penyuluhan stunting dengan pemberian makanan tambahan di Dusun Akit, Senebeh I dan II, penguatan nilai-nilai kebangsaan di SDN 11 Senebeh dan SMAN 01 Siding, pemasangan hiasan bendera disepanjang Dusun Akit, acara lomba dalam rangka 17 Agustusan untuk anak-anak SD dan SMP Desa Sungkung I, dan perwakilan yang ikut Upacara Hari kemerdekaan ke 78 di Desa Sungkung III.

Demikian terkait program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Tim 38 Desa Sungkung I, teriring doa semoga dimudahkan dan dilancarkan sehingga memberikan hasil terbaik sampai sebelum rencana di tarik kembali ke Kecamatan Jagoi Babang pada Kamis/17 Agustus 2023 siang. (tim liputan).


Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini