Ketua IHGMA Kalbar: Perpisahan di Hotel Harga Terjangkau, Kebijakan Pemerintah Daerah Larangan Perpisahan di Tempat Mewah!

Editor: Redaksi author photo

Ketua IHGMA Kalbar: Perpisahan di Hotel Harga Terjangkau tidak selalu Mewah

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
-- “Kita perlu mengedukasi seluruh masyarakat Kalimantan Barat khususnya orang tua siswa siswi yang anak-anak nya akan mengikuti kelulusan dan perpisahan bahwa Hotel merupakan salah satu tempat yang sangat ideal dan bisa dikatakan murah dibanding dengan menyelenggarakan di sekolah atau gedung gedung pertemuan yang kesan nya murah tapi sekolah harus mengeluarkan biaya tambahan. (13 Mei 2024).

 

Selain sewa tempat, perlu bayar konsumsi, bayar sewa sound system, bayar sewa LCD Screen, kadang ada tambahan Lighting atau lampu jika perlu, bayar sewa dekorasi, tambahan biaya keamanan, dan kebersihan pun harus dibayar secara terpisah, bisa dibayangkan itu semua yang harus ditanggung sekolah bila menyelenggarakan di sekolah atau gedung pertemuan belum lagi biaya Event Organizer bila ingin acara meriah.

 

Semua itu bisa diberikan secara free satu paket bila di hotel dengan hanya biaya makan saja yang dibayar mulai dari @Rp.80.000,- nett/pax tanpa ada minimal sudah mendapat venue gratis sound system, LCD Screen bahkan Wifi utk live streaming youtube yang sekolah atau gedung pertemuan tidak support.

 

Demikian juga kebersihan keamanan kenyamanan bahkan kamar gratis sebagai fasilitas tambahan untuk panitia yang biasa mempersiapkan acara sampai malam hari demi kelancaran acara, hotel membantu menyediakan.

 

Khususnya Harris Hotel Pontianak yang flexible dari sisi budget bahkan ada banyak hotel yang GM-GM nya anggota IHGMA Kalbar yang budget nya sangat minim pun bisa menyelenggarakan perpisahan disana.

 

 Ika Florentina, Ketua Asosiasi General Manager Hotel Indonesia (IHGMA) Kalimantan Barat sekaligus General Manager Hotel HARRIS Pontianak, menyampaikan pandangan tentang perpisahan di hotel dibanding dengan di gedung atau sekolah. Pernyataan ini muncul sebagai respons atas kekhawatiran sekolah terkait larangan penggunaan tempat mewah untuk acara perpisahan sekolah yang disebabkan pastinya karena adanya keberatan dari orang tua siswa.

 

Hal ini membuat hotel-hotel di Kalbar mengalami cancellation karena kekhawatiran akan larangan tersebut, padahal hotel sudah blok venue jauh hari bahkan menolak event MICE yang lain, dimana kondisi saat ini sangat chalenging MICE belum bergerak, budget tinggi dibanding revenue tahun lalu yang kondisi sosial politik stabil, dan harus menghadapi pukulan ini. Tentu saja ini juga berdampak pada PAD yang akan kami setor ke Pemda dari sisi perdagangan dimana kami saat ini support hampir 30% PAD Kalbar dimana diantaranya adalah Hospitality industri atau Perhotelan.

 

Berbeda dengan asumsi bahwa hal ini mungkin menjadi tantangan bagi hotel yang dianggap tempat mewah begitulah sekolah membaca larangan tersebut, Ika Florentina menyoroti bagaimana Hotel HARRIS Pontianak berupaya mendukung lembaga pendidikan dalam memfasilitasi upacara perpisahan yang berkesan bagi siswa.

 

"Kami percaya dalam membuat acara ini mudah diakses dan membantu sekolah mendapat exposure lebih, salah satu contoh beberapa waktu lalu kami mensupport salah satu SMK Negeri di Pontianak mengadakan perpisahan dengan konsep pameran karya lulusan siswa dengan ada talkshow bagaimana bisa menjadi berdaya saing dimana hotel menyediakan venue, konsumsi, sound system, LCD Screen juga mendukung acara tersebut dengan menyediakan pembicara dan memfasilitasi siaran langsung di YouTube, memungkinkan orang tua untuk menyaksikan upacara perpisahan anak-anak mereka secara online,”ungkapnya.

 

Evelyn Fernanda, Marketing and Branding Executive Hotel HARRIS Pontianak, menekankan komitmen hotel dalam mendukung sekolah.

 

"Kami berdedikasi untuk memberikan dukungan dan fasilitas untuk membantu proses pelaksanaan perpisahan bagi sekolah secara all out touch personalize sesuai dengan budget dan konsep yang diinginkan sekolah," ujar Fernanda.

 

Fernanda  mengatakan tujuan kami adalah memastikan bahwa sekolah dapat fokus dalam menciptakan pengalaman berarti bagi siswa tanpa kerepotan dari segi logistik.

 

Respon positif dari IHGMA dan Hotel HARRIS Pontianak menunjukkan upaya kolaboratif untuk beradaptasi dengan regulasi yang berubah sambil tetap memprioritaskan kebutuhan lembaga pendidikan dan siswa di Pontianak HARRIS Hotel Pontianak, berlokasi strategis di Jalan Gajahmada yang merupakan pusat kawasan bisnis dan kuliner Pontianak dengan 151 kamar berbagai type, dengan new added value free minibar bagi para tamu, Ballroom serta meeting room berkapasitas 1000 pax juga merupakan tempat pilihan bagi MICE dan juga Social Event seperti weeding birthday maupun gathering untuk government, corporate dan keluarga.

 

HARRIS Hotel Pontianak berjarak 25 menit dari Bandara Internasional Supadio memiliki akses mudah ke Ayani Mega Mall Pontianak, Rumah Betang, Museum Provinsi Kalimantan Barat dan Tugu Khatulistiwa juga memiliki beberapa spot point view yang sangat instagramable seperti Sunset Point Bar dengan pemandangan 360° di lokasi tertinggi Kota Pontianak serta Cielo Lounge dengan kapasitas 100 pax cocok untuk private event keluarga maupun corporate dengan view dari ketinggian Kota Pontianak Kalimantan Barat. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini