Gas Konverter Dapat Digunakan Untuk Mensintesis Obat

Editor: Redaksi author photo

Gas Konverter Dapat Digunakan Untuk Mensintesis Obat 

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Gas konverter (produk sampingan dari industri besi dan baja) dapat digunakan untuk pembuatan obat-obatan. Kesimpulan para peneliti dari Institut Senyawa Unsur Organik yang dinamai AN Nesmeyanov dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia (RAS) ini didasarkan pada hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Chemical Science. 04.05.2024


Metode utama pembuatan baja adalah proses pengubah oksigen, ketika oksigen dihembuskan melalui besi tuang cair sehingga menghasilkan baja dan gas pengubah yang mengandung karbon monoksida (CO). 


Yang terakhir adalah agen deoksidasi yang efisien untuk reaksi kimia; namun, pemurnian gas konverter yang mahal diperlukan untuk menerima agen ini. Para peneliti dari Institut Senyawa Unsur Organik RAS mencoba menghindari batasan ini: mereka menemukan cara untuk menggunakan gas konverter secara langsung untuk menghilangkan atom oksigen dari senyawa nitro dan asam karboksilat. Hal ini menghasilkan ikatan amino berkelanjutan yang mirip dengan ikatan asam amino pada protein alami.


Beginilah cara para peneliti menerima asetaminofen – obat anti demam yang dikenal luas, menggunakan air sebagai pelarut dan katalis yang mudah diakses untuk memfasilitasi reaksi: selama uji coba, massa obat yang diterima mencapai 99% dari perkiraan awal. Dengan menggunakan metode yang sama, para peneliti menerima 14 senyawa lagi termasuk propanil (herbisida kontak yang banyak digunakan) dan butenafine (salah satu obat antijamur).


“Kami telah bekerja di bidang sintesis organik selama bertahun-tahun. Kita sering menghadapi situasi di mana untuk melakukan reaksi tertentu Anda perlu memproduksi agen khusus terlebih dahulu, misalnya kompleks-hidrida. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahkan untuk reaksi yang agak rumit, Anda tidak hanya dapat menggunakan bahan dengan tujuan khusus dengan kemurnian tinggi, namun beberapa senyawa yang dihasilkan oleh tanaman kami sebagai produk sampingan dalam jumlah besar. Kami berharap bahwa metode kami akan membantu tidak hanya dalam membuat produksi bahan-bahan farmasi yang penting menjadi lebih murah, namun pada tingkat tertentu dalam mengalihkan fokus para ahli kimia untuk mengembangkan sistem paling sederhana yang memungkinkan sintesis senyawa organik berharga secara efisien” , Russian Science Foundation mengutip Oleg Afanasyev, kandidat ilmu kimia. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 


Share:
Komentar

Berita Terkini