Hermawansyah Balek Kampong

Editor: Redaksi author photo
Hermawansyah

KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Setiap orang di muka bumi ini pasti memiliki tanah kelahiran, Di tanah kelahirannya itu, ia tumbuh besar hingga beranjak dewasa. Lazimnya disebut kampung halaman.

 

Siapapun tentulah memiliki kisah kehidupan masing-masing di kampung halamannya. Apalagi yang melewati masa SMP dan SMA di kampung halaman, pastilah banyak cerita berkesan yg tersimpan di memori ingatannya.

 

Makanya tak heran sekarang ‘reuni’ SMP dan SMA selalu heboh. Membludak alumni yang datang, walau dari luar kota yang jauh. Demi kembali mengingat memori lama yang ‘mahal dan tak tergantikan’.

 

Ada banyak alasan orang untuk ‘kembali’ ke kampung halamannya. Selain reuni, biasanya yang memiliki keluarga  setiap tahun ‘balek Kampong’. Baik saat lebaran atau acara pernikahan hingga kemalangan ada keluarga yang meninggal.

 

Namun ada juga yang karena ‘sukses dan eksis’ di Ibukota atau kota besar lainnya, lalu melirik untuk mengembangkan usaha di kampung halamannya. Ada cukup contoh bagaimana usaha baru berkembang di sebuah daerah karena ada pengusaha yang balek kampong. Biasanya hal itu berawal dari kumpul-kumpulnya para alumni yang balek kampong saat reuni.

 

Inilah ‘modalitas’ baru bagi sebuah wilayah yang akan berkembang. Semangat ‘balek Kampong’ dari para ‘alumni’ lintas segmen dan profesi inilah yang harus dikonsolidasi.

 

Setidaknya mereka yang telah eksis diluar perlu didengar sumbang-sarannya bagi maju-berkembangnya kampung halaman kita. Sebab mereka tentulah memiliki kapasitas, kompetensi, serta jam terbang lebih dari cukup dibidangnya masing-masing.

 

Tinggal diramu saja irisan modalitas itu utk berkontribusi atas bergerak majunya pembangunan di kampung halaman tercinta. (Penulis : Hermawansyah Gemawan Kalbar).


Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini