Bahas Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting, BKKBN Kalbar Gelar Rakerda

Editor: Redaksi author photo

 Bahas Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting, BKKBN Kalbar Gelar Rakerda 

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Sebanyak 233 peserta se Kalimantan Barat mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dengan membahas program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan forum koordinasi percepatan penurunan stunting tingkat Kalbar, yang di gelar Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar selama dua hari 3-4 April 2024 di Hotel Aston Pontianak.



Selain hadir sebagai narasumber di kegiatan Rakerda tersebut melalui virtual, Sekretaris Utama BKKBN, Drs. Tavip Agus Rayanto M.Si. juga berkesempatan membuka secara resmi. Dimana,Rakerda kali ini mengambil tema yaitu Optimalisasi Bonus Demografi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia Emas 2045. 



"Tema Rakerda kali ini memiliki dua kata kunci penting yaitu menyangkut kuantitas dan juga kualitas SDM yang harus kita capai. Melalui Rakerda ini dengan melibatkan stakeholder untuk optimalisasi bonus demografi dan peningkatan SDM menuju Indonesia Emas 2045 dapat terwujud" ujar Tavip.



Tavip mengatakan, memang bisanya kegiatan Rakerda ini didahului dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional. Dan setelah Rakerda ini nantinya akan dilanjutkan dengan Rakernas yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2024, setelah lebaran.



"Ini karena kita menyesuaikan dengan jadwal bapak Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Oleh karena itu, diharapkan hasil kebijakan dari Rakerda ini nantinya dapat diselaraskan dengan kebijakan-kebijakan di. tingkat nasional," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar mengatakan kegiatan Rakerda itu diikuti oleh  Kepala OPD KB beserta Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Kepala Bidang KB OPD KB kabupaten/kota se kalbar. Kepala Bappeda dan Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Manusia Bappeda provinsi serta kabupaten/kota se Kalbar. 



Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota se Kalbar, Kepala BKAD Provinsi dan kabupaten/kota se Kalbar. Ketua Pokja IV TP PKK, Ketua dan pengurus PD IBI dan Ketua PC IBI se Kalbar. Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting, Perwakilan BKKBN Kalbar dan lain sebagainya.



Kegiatan diisi dengan koordinasi dari peserta lintas sektoral yang dibagi menjadi tiga kelas. Adapun yang dibahas yaitu diantarannya tentang strategi intervensi akselerasi penurunan stunting 2024Strategi percepatan penurunan stunting bidang intervensi spesifik dan sensitif tahun 2024, Juknis BOKB tahun 2024, mekanisme pelaporan penggunaan DAK tahun 2024 dan kebijakan dalam pengelolaan keuangan DAK Sub Bidang KB dalam APBD 2024.



"Kami berharap Rakerda program Bangga Kencana yang dilaksanakan ini dapat menghasilkan kesepakatan yang membangun dan meningkatkan koordinasi, komunikasi dan sinergi lintas sektoral di tingkat provinsi, serta rumusan strategi dan komitmen bersama dalam upaya percepatan penurunan stunting baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota se Kalbar tahun 2024," pungkas Pinta. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini