Pawai Obor Bersama POM Kalimantan Barat Diikuti Lautan Manusia

Editor: Redaksi author photo
Pawai Obor Bersama POM Kalimantan Barat Diikuti Lautan Manusia

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M, Persatuan Orang Melayu (POM) Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan Pawai Obor yang diikuti oleh ribuan umat Islam dari berbagai daerah.

 

Hal tersebut disampaikan Koordinator Pawai Obor 2024, Budi Rihaldi disela-sela pembukaan dan pelespasan peserta Pawai obor yang dilaksanakan di Kota Pontianak yang dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Drs Ani Sofyan, MM.

 

“Alhamdulillah ternyata jauh lebih ramai dibanding tahun lalu, tampak ribuan masyarakat  muslim yang ikut kegiatan pawai obor ini dari semua daerah dan ikut pawai yang dibuka dan dilepas langsung Penjabat (Pj) Walikota Pontianak dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya,” ucap Budi Rihaldi.

 

Koordinator Pawai Obor 2024, Budi Rihaldi yang juga pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Orang Melayu (POM) ini menjelaskan semula pihaknya maju mundur untuk melaksanakan kegiatan ini karena situasi daerah pasca politik sehingga banyak menguras energi, waktu dan biaya oleh para aktor politik, Hal tersebut juga berdampak pada kegiatan Pawai Obor ini.

 

Kami sangat kesulitan untuk mencari dukungan pendanaan, donasi air kotak juga termasuk minim apalagi untuk pembuatan obor gratis. Makanya tahun ini kami hanya mampu menyiapkan 1000 obor yang gratis dan 150 air kotak, Kalo tahun lalu kami menyiapkan 10.000 obor gratis dan 500 dus air kotak, Makanya kami menghimbau kepada masyarakat melalui poster agar membawa obor sendiri,” jelas Budi.

 

Ternyata yang membawa obor juga sedikit. Sehingga pawai obor tahun ini nampak kurang sekali obornya, tapi lautan manusia lebih ramai dari tahun lalu. Diperkirakan dari informasi pengguna drone, lebih 50 ribu orang yang hadir dalam acara pawai obor ini.

 

Hal yang sama disampaikan Agus Setiadi, selaku penanggung jawab kegiatan Pawai Obor ini, bahwa pihaknya merasa terharu karena antusias masyarakat sangat tinggi terhadap pawai obor meskipun dukungan dari berbagai pihak masih kurang.

 

“Kami berharap agar Pemerintah Daerah baik Propinsi Kalbar maupun Pemkot Pontianak agar dapat memfasilitasi penganggaran kegiatan ini kedepan sehingga dapat menjadi salah satu wisata religi yang akan menghadirkan lautan manusia terbesar di Kalimantan Barat," ungkap Agus yang merupakan Ketua Umum POM 2018-2027 ini.

 

Agus Setiadi menjelaskan bahwa pihaknya sudah punya konsep agar pawai obor ini bukan sekedar pawai obor biasa, hanya saja konsep yang ingin dihadirkan sangat membutuhkan dukungan anggaran.

 

Karena selama tiga tahun ini, kami hanya swadaya melaksanakan kegiatan Pawai Obor disertai donasi beberapa pihak yang jauh dari cukup, karena biaya melaksanakan kegiatan ini juga besar,” jelas Agus.

 

Dalam kesempatan ini, Agus Setiadi selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Orang Melayu (POM) 2018-2027 juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kota Pontianak, dan Yayasan Masjid Raya Mujahidin yang telah hadir dalam acara Pelepasan Pawai Obor ini.

 

Semoga dengan kehadiran Bapak PJ Walikota Pontianak ini, agenda Pawai Obor ini bisa menjadi perhatian untuk penganggaran tahun depan," harap Agus.

 

Selain itu Agus Setiadi selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Orang Melayu (POM) 2018-2027 juga mengucapkan terimakasih kepada Organisasi, Komunitas, Majelis, Perguruan Silat, Damkar, Ambulan, Club dan lainnya yang telah ikut serta mensukseskan agenda Pawai Obor Tahun 2024 ini.

 

Kami juga mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua rekan-rekan Organisasi, Komunitas, Majelis, Perguruan Silat, Damkar, Ambulan, Club dan lainnya yang telah ikut serta mensukseskan agenda ini mulai dari rapat-rapat hingga pelaksanaan kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar dan aman. Semoga hubungan baik ini terus terbina dalam moment atau kegiatan berikutnya," pungkas Agus Setiadi. (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini