Rumah Belajar-Mu: Komunitas Lokal yang Fokus Pada Isu Pendidikan dan Kebudayaan

Editor: Redaksi author photo

Rumah Belajar-Mu: Komunitas Lokal yang Fokus Pada Isu Pendidikan dan Kebudayaan

KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU)
– Rumah Belajar-Mu adalah Komunitas yang berfokus pada isu Pendidikan dan Kebudayaan dengan berisikan anak-anak Sekolah Dasar (SD) serta Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berdomisili di Desa Mujan, Kecamatan Boyan Tanjung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.


Komunitas tersebut diprakarsai oleh seorang perempuan bernama Dessy Triana Putri atau yang kerap disapa Puput.


“Rumah BelajarMu itu merupakan suatu Komunitas dimana dulunya bermula dari hobi ngumpulin anak-anak untuk belajar. Sementara aktivitas belajar masih berfokus belajar matematika, karena mata pelajaran yang lain masih diatur jadwalnya dan belum ada pengajar untuk mengajar mata Pelajaran lain,” tutur Puput saat diwawancarai pada, Sabtu (17 Februari 2024).


"Sejauh ini belum banyak kegiatan dan aktivitasnya, baru yang terdekat mau menghadapi event sekolah jadi anak-anak diajak bergabung untuk penampilan di ulang tahun sekolah," katanya lagi.


Ia menambahkan, Dahulu hanya fokus belajar sekarang ditambah belajar seni khususnya seni tari untuk yang belajar ini banyaknya dari anak-anak SD dari berbagai macam kelas dari kelas 3 hingga kelas 6, untuk yang menari sekarang masih anak-anak SMA. Kedepan juga ada rencana dari seluruh tingkatan sekolah baik SD dan SMP belajar menari bahkan anak-anak TK sekalipun.


Puput menyampaikan mengenai keterbatasan yang dihadapi oleh Rumah Belajar-Mu ketika melakukan aktivitas mengajar di Rumah Belajar-Mu ini baru dua orang pengajar


"Saya sendiri dan murid saya ketika sekolah sekarang sudah selesai sekolahnya, maka dari itu mata Pelajaran yang diajarkan masih terbatas dan juga belajar seninya terbatas,” ujar Puput disela-sela latihan tari.


Jadi, kata Puput, untuk pendekatan metodologi yang digunakan oleh Rumah BelajarMu tidak menggunakan seperti Pendidikan formal pada umumnya, jadi konsep pembelajarannya kembali lagi ke anak-anak lagi, misalnya kaya matematika panduannya tetap buku sekolahan, karena nanti mereka juga ditargetkan bisa disekolahnya untuk bisa matematika, jadi sistem pembelajarannya itu sesuka mereka dalam artian mau Pelajaran apa hari ini, kita mau belajar tentang apa, dan apa yang mau kita pelajari nah itu mereka yang pilih sendiri.


Puput juga memiliki keinginan bahwa kedepan ada bahan ajar yang ditambah. Jadi mata Pelajaran kedepan yang ingin Rumah BelajarMu tambah yaitu Bahasa Inggris serta menambah materi mengenai teater dan drama.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini