Modul Utama Dipasang Pada PLTN Berkapasitas Rendah Pertama Di Darat

Editor: Redaksi author photo

Modul Utama Dipasang Pada PLTN Berkapasitas Rendah Pertama Di Darat

KALBARNEWS.CO.ID (CINA)
- Perusahaan Nuklir Nasional China (CNNC) memasang modul utama di pembangkit listrik tenaga nuklir berkapasitas rendah (PLTN berkapasitas rendah) ACP100 yang saat ini sedang dibangun, yang juga dikenal sebagai Linglong One. Modul ini terdiri dari reaktor dan generator uap, dirakit di lokasi pabrikan dan kemudian dikirim ke lokasi PLTN berkapasitas rendah di masa depan.

Linglong One adalah proyek demo yang saat ini sedang dilaksanakan di wilayah PLTN Chang Jiang di provinsi Hainan di Tiongkok Selatan. Reaktor berkapasitas 125 MW ini akan mulai beroperasi pada tahun 2026. 



PLTN berkapasitas rendah ini akan mampu menghasilkan 1 miliar KW*h energi per tahun, yang cukup untuk 526.000 rumah tangga. Selain untuk pembangkit listrik, reaktor ini akan digunakan untuk desalinasi air laut, pembangkit panas untuk kebutuhan sektor perumahan dan utilitas, serta industri.



Pengembangan ACP100 dimulai pada tahun 2010. Tata letak desainnya siap pada tahun 2014, dan pada tahun 2016 desain tersebut lolos pemeriksaan keamanan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Pembangunannya dimulai dari penuangan beton pertama pada Juli 2021 dan memakan waktu 58 bulan.


Hasilnya, RRT akan menjadi negara pertama yang mengoperasikan reaktor nuklir berkapasitas rendah. Pembangkit listrik tenaga nuklir berkapasitas rendah di atas air pertama di dunia yang ditugaskan pada tahun 2020: yaitu pembangkit listrik tenaga nuklir termal terapung Akademisi Lomonosov yang diproduksi di Saint-Petersburg, yang telah menjalani uji coba di pelabuhan Murmansk dan kemudian diangkut melalui Laut Utara Rute ke pelabuhan Pevek (Kabupaten Otonomi Chukotka).



Pembangkit listrik tenaga nuklir berkapasitas rendah pertama di darat Rusia akan dioperasikan pada tahun 2028 di distrik Ust-Yana, Republik Saha (Yakutia). Solusi desain didasarkan pada reaktor RITM-200N, yang merupakan versi adaptasi dari reaktor RITM-200 yang digunakan untuk pasokan listrik pemecah es nuklir. Kapasitas PLTN ini tidak kurang dari 55 MW, dan umur ekonomisnya mencapai 60 tahun.



PLTN berkapasitas rendah juga dirancang di negara lain. Oleh karena itu, American NuScale berencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir yang terdiri dari enam modul reaktor dengan total kapasitas 300 MW di lokasi Laboratorium Nasional Idaho. 




Perusahaan Rolls-Royce mendirikan anak perusahaan Rolls-Royce SMR untuk rekayasa PLTN berkapasitas rendah bersama dengan BNF Resources dan Exelon Generation; masing-masing pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut akan menempati lahan seluas dua lapangan sepak bola dan akan mampu memasok energi yang cukup untuk 1 juta rumah tangga.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini