Kapasitas Proyek CCUS Yang Sedang Berjalan Meningkat Sebesar 40%

Editor: Redaksi author photo

Kapasitas Proyek CCUS Yang Sedang Berjalan Meningkat Sebesar 40%

KALBARNEWS.CO.ID (NORWAY)
Kapasitas global fasilitas penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon (CCUS) yang sedang dibangun meningkat lebih dari 40% pada tahun 2023, menurut McKinsey. Proyek-proyek ini akan mampu menangkap 420 juta ton CO2 per tahun, yang hampir 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan emisi karbon dioksida tahunan dari pembakaran gas minyak bumi (296,6 juta ton, menurut data Energy Institute pada tahun 2022). (25 Januari 2024).


Saat ini, total 68 fasilitas CCUS beroperasi di seluruh dunia, dengan kapasitas agregat sebesar 39 juta ton CO2 per tahun. McKinsey memperkirakan kapasitas fasilitas yang dioperasikan akan meningkat melebihi 60 juta ton CO2 per tahun pada tahun 2025, dan melampaui 500 juta ton CO2 per tahun pada tahun 2030, termasuk melalui proyek-proyek yang belum dilaksanakan. Secara keseluruhan, 39 proyek sedang dibangun, dan 533 proyek lainnya sedang mencari investor dan teknologi (walaupun tidak semuanya akan selesai pada tahun 2030).




CCUS bisa menjadi sangat populer di industri semen, yang pada dasarnya tidak memiliki metode alternatif lain untuk mengurangi jejak karbon. Misalnya, Norcem dari Norwegia berencana meluncurkan unit penangkap dan penyimpanan karbon di pabrik semennya di kota Brevik pada tahun 2024. 



Unit dengan kapasitas 400.000 ton karbon dioksida per tahun akan menjalankan proses teknologi multi-tahap. 



Gas buang produksi semen terlebih dahulu akan dimurnikan dari sulfur dioksida dan didinginkan dari 100 derajat Celcius hingga 30 derajat Celcius. Gas yang dimurnikan akan dikirim ke penyerap yang sebagian diisi dengan pelarut monoetanolamina, yang akan menyerap CO2. 




Setelah itu, larutan yang diperkaya karbon dioksida akan dipompa ke dalam desorber dimana campuran akan dipanaskan hingga 120 derajat untuk memisahkan CO2 dari molekul monoetanolamina. Terakhir, pada tahap terakhir, CO2 yang diekstraksi akan dicairkan untuk disimpan dan diangkut.




Terdapat juga potensi besar penggunaan CO2 dalam industri tenaga listrik tidak hanya pada pembangkit listrik tenaga batu bara, namun juga pada pembangkit listrik tenaga biomassa, yang menghasilkan lebih banyak emisi dibandingkan sumber energi terbarukan lainnya. Misalnya, Drax berencana untuk mengoperasikan unit CCUS di pembangkit listrik tenaga biomassa di North Yorkshire (Inggris) pada tahun 2027. 




Unit ini akan menangkap karbon dioksida dengan bantuan dua kolom industri yang dilapisi dari dalam dengan kerangka logam-organik (MOFs). ), bahan berpori kristal yang terdiri dari ion logam yang diikat oleh molekul organik. Seseorang dapat menempatkan molekul senyawa eksternal di dalam MOF dan kemudian mengekstraknya ketika suhu berubah. Kedua kolom tersebut akan bergantian menyerap CO2 dari gas buang dan kemudian secara bergantian memanas untuk mendesorpsinya.




Penerapan teknologi CCUS juga mungkin berdampak pada industri lain, termasuk produksi hidrogen, di mana penangkapan CO2 dapat mengurangi jejak karbon dari reformasi uap metana; industri baja, dimana metode utama untuk mengurangi emisi sejauh ini adalah peralihan ke penggunaan tungku peleburan listrik yang tidak memerlukan penggunaan batu bara; dan terakhir, produksi bahan kimia dan produk minyak bumi, yang dapat menjadi titik pertumbuhan bagi CCUS. Bukan suatu kebetulan jika kawasan industri di dekat kota Houston, yang merupakan rumah bagi puluhan perusahaan petrokimia dan pengilangan, dapat menjadi salah satu pusat penangkapan CO2 terbesar di dunia.



McKinsey memperkirakan bahwa investasi global di CCUS dapat mencapai $175 miliar per tahun pada tahun 2035, yang setara dengan investasi global saat ini di pertambangan batu bara ($148 miliar pada tahun 2023, menurut perkiraan Badan Energi Internasional). (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini