Ilmuwan Rusia Meningkatkan Efisiensi Katalis Untuk Penyulingan Bio-Minyak

Editor: Redaksi author photo

   Ilmuwan Rusia Meningkatkan Efisiensi Katalis Untuk Penyulingan Bio-Minyak

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Para ilmuwan dari Universitas Minyak dan Gas Negara I.M. Gubkin Rusia dan M.V. Lomonosov Moscow State University mengusulkan penggunaan halloysite untuk peningkatan bio-minyak. Halloysite adalah mineral lempung dengan struktur tubular yang diasamkan selama percobaan. 


Bahan baru ini memungkinkan pemulihan bahan nabati dari minyak sehingga cocok untuk pemurnian sekunder. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Applied Catalysis B: Environmental.


Bio-oil merupakan campuran air dan hidrokarbon yang diperoleh dengan mendaur ulang limbah industri pengolahan kayu (termasuk serutan dan serpihan) menjadi cairan. 


Namun, karena tingginya konsentrasi senyawa yang mengandung oksigen (hingga 60%) bio-oil memiliki nilai kalor yang sangat rendah sehingga tidak layak untuk disuling menjadi bahan bakar motor. Masalah ini dapat diatasi dengan menghilangkan unsur-unsur yang mengandung oksigen dengan bantuan katalis yang berbahan dasar logam non-reaktif, khususnya rutenium.

 

Katalis semacam itu praktis tidak mengalami kokas pada suhu tinggi dan toleran terhadap pengendapan karbon. Namun, ketika mengolah bahan baku dengan kandungan air tinggi, seperti bio-oil, dengan konsentrasi H2O 30%, katalis berbasis rutenium mungkin kehilangan kemanjurannya karena tersapunya partikel komponen aktif dari permukaan pembawa.

 

Para ilmuwan dari Universitas Minyak dan Gas Negara I.M. Gubkin Rusia dan M.V. Universitas Negeri Lomonosov Moskow berusaha mengatasi masalah ini dengan menggunakan halloysite, bahan tanah liat dengan struktur tubular, sebagai pembawa katalis. 


Nanotube halloysite aluminosilikat memiliki keasaman rendah, sehingga katalis berdasarkan bahan tersebut memiliki reaktivitas yang sangat rendah. Itulah sebabnya para peneliti memutuskan untuk mengolah nanotube aluminosilikat haloisit dalam asam sulfat untuk meningkatkan tingkat keasaman dan meningkatkan permukaan spesifik serta ukuran rongga internal.

 

Kemudian para ilmuwan melakukan percobaan menggunakan halloysite yang diasamkan sebagai pembawa katalis yang mengandung rutenium. Percobaan menunjukkan bahwa halloysite yang dide-aluminisasi memungkinkan untuk menghilangkan guaiacol (produk pengolahan kayu) dari bio-oil dengan efisiensi berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan katalis yang dibawa oleh mineral biasa.

 

“Hasil penelitian kami mungkin dapat digunakan secara luas dalam pembuatan katalis untuk proses bertonase besar, khususnya, untuk menerima komponen bahan bakar motor dan produk semi petrokimia yang berharga dari bahan baku daur ulang. Kami akan melanjutkan pekerjaan kami dalam menciptakan katalis baru untuk mengubah jenis bahan baku alternatif yang mengandung hidrokarbon menjadi produk bernilai tambah”, Yayasan Sains Rusia mengutip Alexander Glotov, kepala proyek dan peneliti utama I.M. Gubkin Russian State Oil dan Universitas Gas.(Tim Liputan)

Editor  : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini