Ilmuwan Rusia Mengembangkan Polimer Untuk Melindungi Baterai Dari Pengapian

Editor: Redaksi author photo

Polimer Untuk Melindungi Baterai Dari Pengapian

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Para ilmuwan dari Saint-Petersburg State University (SPSU) menciptakan polimer yang mampu mencegah penyalaan baterai jika terjadi korsleting. Bahan baru dalam lingkungan standar menghasilkan arus listrik, namun ketika dioksidasi atau dideoksidasi, bahan tersebut diubah menjadi keadaan kimia lain dan kehilangan kemampuan ini. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di ACS Applied Energy Materials.


Setiap baterai memiliki dua elektroda (elemen pembawa arus) di dalamnya – katoda dan anoda. Katoda – elektroda bermuatan positif – terdiri dari lapisan dengan campuran litium oksida dan logam transisi, dan anoda (elektroda bermuatan negatif) – dari lapisan karbon pada kertas tembaga. 


Elektroda dipisahkan oleh spacer berpori yang diresapi dengan cairan elektrolitik – campuran pelarut organik dan garam. Jika pengatur jarak ini rusak, elemen-elemen di dalam baterai mulai bereaksi satu sama lain dan mengeluarkan panas, dan dalam hitungan detik baterai memanas hingga hampir 600 derajat Celcius. Kebakaran atau ledakan dapat terjadi sebagai akibatnya.

 

Untuk mengatasi masalah ini para ilmuwan SPSU menciptakan polimer yang terdiri dari rantai organik yang mengandung atom nikel. Para penulis meletakkan lapisan tipis polimer baru ini di antara lembaran aluminium foil yang membawa arus listrik dan katoda. 


Hal ini menghilangkan kemungkinan penyalaan atau ledakan, karena polimer ini berhenti membawa arus dalam rangkaian listrik jika baterai diisi dari soket dengan tegangan lebih tinggi dari yang dibutuhkan. Efek ini juga memungkinkan pencegahan korsleting: polimer berhenti mengalirkan arus ketika daya baterai habis di bawah batas tertentu.

 

Para ilmuwan melakukan stress test menggunakan baterai kecil (seperti koin) yang digunakan pada jam tangan pintar. Pengujian menunjukkan bahwa jika voltase melampaui kisaran 2,8 V (baterai berhenti habis pada ambang batas ini) dan 5 V (voltase standar pada pengisi daya ponsel cerdas), perlindungannya 100% efektif. Pada saat yang sama, lapisan polimer tidak mempengaruhi kapasitas dan produktivitas baterai, atau menguranginya tidak lebih dari 10%.

 

“Saat ini kami berupaya meningkatkan produksi baterai lithium-ion dengan lapisan polimer kami, dan negosiasi dengan investor sedang berlangsung. Sejauh ini, kami telah melakukan stress test hanya untuk baterai berukuran kecil, namun di masa depan kami bermaksud menguji teknologi kami untuk baterai berukuran besar, misalnya digunakan pada telepon, dan setelah itu kami dapat meluncurkan produksi baterai baru yang lebih aman”, the Ilmu Pengetahuan Rusia Foundation mengutip Oleg Levin, salah satu penulis penelitian, doktor kimia. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini