Lulusan Akfar Yarsi Pontianak Memiliki Kemampuan Professional Di Bidang Kefarmasian

Editor: Redaksi author photo
Lulusan Akfar Yarsi Pontianak Memiliki Kemampuan Professional Di Bidang Kefarmasian


KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Akademi Farmasi Yarsi Pontianak kembali mewisuda ratusan mahasiswa dan mahasiswinya diakhir tahun 2023 ini, tahun ini Akfar Yarsi Pontianak meluluskan sebanyak 108 orang dengan masa tempuh pendidikan selama 3 tahun dan IPK rata-rata adalah 3,29 sehingga jumlah  lulusan  Akademi Farmasi  Yarsi Pontianak  dari  tahun  2000  hingga 2023 berjumlah 1753 orang.

 

Hal tersebut disampaikan direktur Akademi Farmasi (Akfar) Yarsi Pontianak, Adhisty Kharisma Justicia, M.Sc., Apt ketika menyampaikan lporan pendidikan Akademi Farmasi Yarsi Pontianak dihadapan tamu undangan dan Orang Tua mahasiswa-mahasiswi pada saat Rapat Terbuka Senat di Aula Qubu Resort Jalan A Yani Pontianak pada hari Kamis (2 November 2023).

 

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XI Kalimantan, Dr Muhammad Akbar, M.Si, Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili Staf Ahli Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia, Drs. Alexander Rombonang, M.MA, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

 

Ketua Pembina, Ketua Pengurus, Ketua Pengawas dan BPH YARSI Pontianak Serta Seluruh Civitas Akademik Perguruan Tinggi Yarsi Pontianak, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia, Ketua Pengurus Daerah Persatuan Ahli Farmasi Kalimantan Barat.

 

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang terkhusus kepada Bapak, Ibu, Saudara, orangtua dan wali yang telah memberi kepercayaan penuh kepada Akfar Yarsi Pontianak, untuk mendidik putra-putrinya selama tiga tahun terakhir, hingga mereka semua diwisuda pada hari ini,” ucap Adhisty.

 

Direktur Akfar Yarsi Pontianak ini menyebut seluruh wisudawan akan dilepas dan diambil sumpah pada hari ini, tanggal 1 November 2023 dimana Akfar Yarsi Pontianak tahun ini meluluskan sebanyak 108 orang dengan masa tempuh pendidikan selama 3 tahun dan IPK rata-rata adalah 3,29 sehingga jumlah  lulusan  Akademi Farmasi  Yarsi Pontianak  dari  tahun  2000  hingga 2023 berjumlah 1753 orang.

 

“Adapun waktu tunggu lulusan dalam mencari kerja rata-rata 0-3 bulan bahkan ada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Penyerapan alumni di lapangan pekerjaan umumnya di sarana pelayanan, seperti Rumah Sakit, Puskesmas, dan Apotek, Distribusi atau Pedagang Besar Farmasi dan sarana produksi, Sementara yang lainnya melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1 Farmasi di Universitas yang ada di Pulau Jawa,” jelasnya.

 

Ia juga mengatakan bahwa Akademi Farmasi (Akfar) Yarsi Pontianak telah bekerja sama dengan Universitas Al-Ghifari Bandung dalam menerima lulusan untuk melanjutkan ke jenjang Sarjana Farmasi dalam kurun waktu 1,5-2 tahun.

“Untuk tahun ini mahasiswa yang melanjutkan ke Jenjang S1 sebanyak 35 mahasiswa,” jelasnya lagi.

 

Adapun sebaran lulusan Wisudawan dan Wisudawati tahun 2023 ini berasal dari 14 Kabupaten dan Kota yang ada di Kalimantan Barat dan luar pulau Kalimantan Barat.

 

Sebaran daerah asal lulusan Akademi Farmasi (Akfar) Yarsi Pontianak tahun 2023 adalah

Kota Pontianak sebanyak 26 orang, Kabupaten Kubu Raya sebanyak 15 orang, Kabupaten Sambas sebanyak 10 orang, Kabupaten Mempawah sebanyak 9 orang, Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 8 orang.

 

Sementara dari Kabupaten Landak sebanyak 8 orang, Kabupaten Melawi sebanyak 7 orang, Kabupaten Sintang sebanyak 6 orang, Kota Singkawang sebanyak 5 orang, Kabupaten Ketapang sebanyak 5 orang.

 

Dari Kabupaten Sanggau sebanyak 3 orang, Kabupaten Bengkayang sebanyak 3 orang, Kabupaten Sekadau sebanyak 2 orang dan dari Kabupaten Kayong Utara sebanyak 1 orang.

 

Sementara untuk Wisudawan yang berasal dari luar Kalimantan Barat adalah berasal dari Sumatera Utara sebanyak 1 orang dan dari Jawa Timur sebanyak 1 orang.

 

“Mudah-mudahan hal ini dapat membantu program pemerintah dalam rangka pemerataan tenaga kesehatan khususnya tenaga teknis kefarmasian,” ungkap Adhisty lagi.

 

Ia menjelaskan dalam wisuda tahun 2023 ini yang memperoleh lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah sebagai  berikut :

 

Terbaik 1       Ferry Hie Jaya, A.Md.Farm.              3,76                 Dengan pujian

Terbaik 2        Adzha Nurdini, A.Md.Farm.              3,70                 Dengan pujian

Terbaik 3        Ahmad Dzikri Nur Wahid, A.Md.Farm.        3,67                 Dengan pujian

Terbaik 4        Devita Maharani, A.Md.Farm.                       3,65                 Dengan pujian

Terbaik 5        Jihan Ramadhan, A.Md.Farm.                       3,65                 Dengan pujian

 

“Para wisudawan mulai hari ini telah bertambah tanggung jawab saudara sebagai anggota masyarakat yang bergelar Ahli Madya Farmasi yang harus mengabdikan ilmu untuk kepentingan kemanusiaan. Jagalah nama baik Almamater Akfar Yarsi Pontianak. Nilai-nilai islami harus tercermin dalam profesionalitas anda sebagai tenaga teknis kefarmasian,” pungkas Adhisty Kharisma Justicia, M.Sc., Apt. (Tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini