KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Laporan e-Conomy SEA 2022 menunjukkan sekitar
80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan
digital pada tahun 2023, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan
layanan digital menjadi prioritas utama. (25 Agustus 2023)Tokopedia Bagikan Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman
Di Tokopedia, antusiasme
masyarakat untuk berbelanja online dengan aman terlihat dari adanya peningkatan
terhadap berbagai produk asuransi yang terus meningkat.
Tokopedia mencatat bahwa
terjadi peningkatan transaksi yang menggunakan berbagai produk asuransi dengan
rata-rata kenaikan hingga lebih dari 1,5 kali lipat sepanjang semester 1 2023 dibandingkan
semester 1 2022. Beberapa produk asuransi yang paling diminati adalah Proteksi Layar
Retak, Proteksi Furniture, serta Proteksi Kerusakan Total.
Tips Belanja Aman dengan
Berbagai Proteksi Asuransi Tokopedia Tokopedia menghadirkan beragam layanan
produk asuransi yang dapat dimanfaatkan para pembeli saat bertransaksi lewat
Tokopedia, di antaranya Proteksi Produk, Proteksi Kecantikan, Proteksi Perjalanan
hingga Proteksi Produk Digital.
“Berbagai produk asuransi
Tokopedia memiliki proses pembelian yang mudah serta proses klaim nya pun
praktis. Sehingga, ketika membeli produk elektronik, gadget, kecantikan,
travel, pembayaran tagihan, dan otomotif lewat aplikasi Tokopedia, masyarakat
dapat merasakan pengalaman berbelanja dengan nyaman dan aman dengan adanya
layanan produk asuransi yang tersedia,” jelas Vira.
Tokopedia pun membagikan
beberapa tips untuk mendapatkan proteksi maksimal ketika bertransaksi online.
1.
Perlindungan Ekstra untuk Pembelian Barang Elektronik hingga Rumah
Tangga Risiko yang mungkin terjadi ketika membeli kategori produk gadget, elektronik,
dan furnitur adalah rusak hingga terkena cairan dikarenakan kejadian tidak
terduga.
Karenanya saat membeli
produk- produk tersebut, pastikan untuk selalu mengaktifkan Proteksi Produk yang akan memberi perlindungan
pada barang yang telah dibeli. Misalnya, pembeli membeli ponsel canggih dengan mengaktifkan
Proteksi Gadget Tokopedia yang akan terlindungi selama 12 bulan pada saat
barang telah diterima oleh pembeli.
Proteksi Produk yang
dihadirkan Tokopedia meliputi Proteksi Elektronik, Proteksi Gadget, Layar Retak,
Proteksi Gadget Ekstra, Proteksi Kerusakan Total, Proteksi Travel Hobi,
Proteksi Otomotif, Kendaraan, Proteksi Furniture dan Proteksi Ibu Anak (khusus
untuk klaim ganti rugi produk kategori keperluan Ibu dan Anak).
2. Atasi Efek Samping Kulit dengan Proteksi Kecantikan Sedangkan
risiko membeli produk kecantikan yang dapat dialami pembeli adalah munculnya
gejala efek samping seperti alergi, kemerahan, atau breakout.
Untuk melindungi diri dari
efek samping penggunaan kosmetik dan perawatan kulit, pastikan sesuai dengan
jenis kulit.
“Demi melindungi konsumen,
kami juga menghadirkan Proteksi Kecantikan untuk pembelian produk kategori
Kecantikan bagi pengguna Tokopedia. Pembeli akan mendapatkan ganti rugi jika
mengalami ketidakcocokan hingga menyebabkan alergi akibat penggunaan produk
yang telah dibeli. Khusus kategori Kecantikan dan Makanan, proteksi akan aktif
selama 30 hari sejak barang diterima," terang Vira.
3. Perjalanan 24 Jam Penuh Lebih Aman dengan Proteksi Ekstra Ketika
melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat atau udara, biasanya
asuransi perjalanan dapat dibeli secara bersamaan saat pembelian tiket.
Asuransi tersebut untuk memberikan perlindungan
dari kejadian-kejadian yang tak terduga, seperti kecelakaan dan ketidaknyamanan
selama perjalanan.
Sebagai platform belanja
online, Tokopedia juga dapat digunakan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat
dan kereta dengan beragam pilihan kelas hingga jam keberangkatan. Untuk
memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan perlindungan ekstra.
Tokopedia menghadirkan
fitur Proteksi Penerbangan yang berguna untuk melindungi penumpang dari
kecelakaan diri, keterlambatan penerbangan, pembatalan penerbangan oleh
penumpang, dan keterlambatan bagasi.
“Tokopedia juga
menghadirkan Proteksi Perjalanan Kereta yang dapat digunakan penumpang kereta
api. Proteksi tersebut memberikan perlindungan penumpang untuk hal yang tidak
diinginkan seperti kecelakaan diri, pembatalan perjalanan oleh penumpang hingga
kehilangan barang,” tutur Vira.
4. Bayar Angsuran Lebih
Praktis dan Aman
Untuk menyesuaikan
kemampuan finansial, membeli produk atau membayar rumah dengan system cicilan
jadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Namun, jika dirasa tenor yang dipilih
cukup panjang, pengguna Tokopedia dapat memanfaatkan Proteksi Angsuran Kredit
dan Proteksi Tagihan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan diri.
Manfaat dari layanan
proteksi Angsuran Kredit adalah cicilan akan dibayarkan oleh Asuransi ketika insiden
seperti meninggal dunia, cacat tetap akibat kecelakaan, terdiagnosa penyakit
kritis terjadi saat angsuran masih berjalan.
Cara proses klaim pun
cukup mudah, melalui aplikasi Tokopedia, keluarga terdekat dapat mengajukan
klaim paling lambat 30 hari sejak tanggal insiden terjadi.
Sedangkan pada layanan
Proteksi Tagihan, Tokopedia menyuguhkan keuntungan kepada pembeli berupa
kompensasi atas kendala yang terjadi (seperti mengalami pemadaman layanan) jika
pembeli telah melakukan beberapa macam pembayaran berikut; listrik (PLN),
internet dan TV kabel, gas, hingga PDAM.
“Selama 14 tahun berdiri,
Tokopedia terus berinovasi untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat
dan memberikan pengalaman berbelanja online lebih nyaman dan aman dengan menghadirkan
berbagai produk asuransi melalui kolaborasi bersama mitra strategis. Untuk mengaktifkan
layanan produk asuransi ketika bertransaksi, pengguna dapat mencentang atau aktifkan
‘Proteksi Produk’ pada saat bertransaksi,” tutup Vira. (Tim Liputan)
Editor : Aan