Cegah Karhutla, PC IPNU Kubu Raya ajak Warga Tidak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

Editor: Redaksi author photo

Cegah Karhutla, PC IPNU Kubu Raya ajak Warga Tidak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA)
- Cuaca panas yang ekstrem membuat segala pertumbuhan menjadi mengering, hal itu tentunya yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Minggu (30 Juli 2023).


Seperti yang diketahui, sebab adanya cuaca yang panas dan ektrem ada beberapa kasus karhutla yang terjadi di daerah Kabupaten Kubu Raya. 


Oleh karenanya, untuk mengurangi dan meminimalisir terjadinya Karhutla ini, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Kubu Raya, Abdusshomad mengajar masyarakat untuk membuka lahan dengan cara dibakar.


"Kepada Warga Kubu Raya, saya mengajak kita semua untuk tidak membakar saat membuka lahan. Saat ini kita sedang menjalani hari-hari yang sangat panas dan ekstrem. Api itu akan mudah menyebar saat kita membuka lahan dengan cara membakar," imbuhnya.


Lebih lanjut, Abdusshomad menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama seluruh elemen telah berupaya selalu bersosialisasi dan mengedukasi masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.


Namun demikian, lanjutnya kasus Karhutla di Kubu Raya masih saja terjadi. Menurutnya, selain faktor alam hal itu juga terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang masih saja membuka lahan dengan cara dibakar.


"Untuk itu, mari kita cintai dan jaga kelestarian lingkungan agar terbebas dari bencana karhutla, yang tentunya hal itu berdampak sangat buruk bagi manusia dan ekosistem alam," Tutupnya.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini