Tokopedia Dorong Kemajuan UMKM Lokal Indonesia Lewat Kampanye Dan Pendampingan Bisnis Di Inisiatif Hyperlocal

Editor: Redaksi author photo

Tokopedia Dorong UMKM Lokal Indonesia Lewat Kampanye dan Pendampingan Bisnis di Inisiatif Hyperlocal
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Sebagai perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya menciptakan super ecosystem untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan dan mendukung perkembangan UMKM lokal, salah satunya melalui inisiatif Hyperlocal pada hari Selasa (13 Juni 2023).

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun berada dan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Berbagai manifestasi inisiatif hyperlocal Tokopedia, seperti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan Toko Cepat dan Irit (Tokcer), turut mengalami pertumbuhan.


Tokopedia melalui Nafisah Wulandari selaku Head of RGX Central Tokopedia mengatakan, “Menurut data internal Tokopedia, kategori Makanan & Minuman, Kesehatan, Elektronik, Rumah Tangga, dan Perawatan Tubuh menjadi beberapa kategori yang paling banyak dibeli melalui kampanye KTP dan WIB pada Januari-Mei 2023.”


Data internal Tokopedia juga mengungkapkan bahwa kampanye WIB yang turut mendorong pertumbuhan dari berbagai sisi, seperti:


1. Wilayah dengan transaksi tertinggi kampanye WIB selama kuartal 1 2023: Kota Medan, Kota Palembang, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Makassar.


2. Kecamatan dengan kenaikan jumlah penjual yang mengikuti kampanye WIB selama Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan rata-rata peningkatan jumlah penjual sebesar hampir 1,5x lipat: Kec. Gunungsitoli dan Kec. Medan Belawan di Sumatra Utara, Kec. Sukra dan Kec. Widasari di Indramayu (Jawa Barat), Kec. Andong di Boyolali (Jawa Tengah), dan Kec. Simpang Empat di Banjar (Kalimantan Selatan).


Sementara itu, pertumbuhan transaksi turut terjadi pula pada kampanye KTP, seperti:


1. Kecamatan dengan jumlah penjual tertinggi yang mengikuti kampanye KTP selama Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan rata-rata sebesar lebih dari 2,5x lipat: Kec. Baleendah (Kab. Bandung, Jawa Barat), Kec. Tahunan (Kab. Jepara, Jawa Tengah) , Kec. Kuta Selatan (Kab. Badung, Bali), Kec. Sidoarjo (Kab. Sidoarjo, Jawa Timur), dan Kec. Kebomas (Kab. Gresik, Jawa Timur).


2. Kabupaten/Kota dengan kenaikan transaksi kampanye KTP tertinggi pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 2x lipat: Kab. Jepara, Kab, Badung, Kab. Bandung Barat, Kab. Maros. Kab. Deli Serdang, dan Kab, Sidoarjo. 


“Healthywagyu (Bandung) dan Kebun Green Feast (Medan) menjadi pelaku usaha yang rutin memanfaatkan kampanye manifestasi hyperlocal Tokopedia. Selain memanfaatkan kampanye WIB dan KTP, keduanya rutin menggunakan fitur TopAds untuk jangkau pasar lebih luas,” ungkap Nafisah.


Selain itu, selama kuartal I 2023, Kota Medan, Kota Bandung, Kab, Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Makassar menjadi beberapa kota/kabupaten dengan transaksi kampanye Toko Cepat dan Irit (Tokcer) tertinggi. Tokopedia Dukung Perkembangan UMKM melalui Keluarga Tokopedia

Demi mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, Tokopedia juga konsisten untuk memberikan pendampingan usaha kepada UMKM lokal, salah satunya melalui Komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top). 


Nafisah mengatakan, Tokopedia menghadirkan K-Top sebagai salah satu wadah para pelaku usaha untuk saling berbagi informasi dan wawasan dalam meningkatkan pengetahuan mengembangkan bisnis online.


K- Top telah diikuti oleh lebih dari 50 ribu pelaku usaha, yang tersebar di lebih dari 50 kota se-Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan pendampingan bisnis lainnya bagi para pelaku usaha seperti Halaman Pusat Edukasi Seller, Kelas Maju Digital, Sekolah Kilat Seller.


Ia menambahkan Sebagai wujud konsistensi dalam mendukung tumbuh-kembang UMKM lokal, Tokopedia juga telah mengadakan Sekolah Kilat Seller tatap muka pertama di Bandung pada 26 Mei 2023 yang diikuti oleh pelaku usaha Tokopedia asal Bandung. Di sini, para peserta mendapatkan edukasi serta tips agar berhasil dalam memanfaatkan kampanye serta fitur-fitur Tokopedia, seperti TopAds, Broadcast Chat, dan lainnya.


“Tokopedia berharap seluruh pihak lebih gencar berkolaborasi membantu UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” tutup Nafisah. (Tim Liputan).


Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini