KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA,) -- Perusahaan pakaian direct-to-consumer yang berkembang pesat, Claude, yang bertujuan untuk menjadi merek andalan
semua orang untuk berbelanja, baru saja mengumumkan penutupan seed round. (15 Juni 2023).Thread the Needle: Startup Pakaian Berbasis Indonesia CLAUDE Menabur Benih dalam Pendanaan
Merek independen yang menyediakan relevant elevated looks ini
telah sibuk mencuri hati pasar global, keluar dari zona nyaman pasar domestik
dan berhasil menembus perairan internasional, dari Asia Tenggara, Eropa,
hingga Amerika Serikat. Diduga menjadi salah satu merek pertama
dari Indonesia yang berani mendunia dan berhasil. "Di dunia
global ini dimana teknologi memungkinkan kami untuk lintas batas secara real-time,
menjadi global brand langsung meningkatkan total addressable market berkali-kali
lipat sekaligus memperkuat brand equity yang kami
pertahankan", kata Co-Founder dan CEO Tommy Budihardjo.
Revolusioner dalam model bisnisnya, Claude menggunakan
sistem micro-batches untuk desain baru dan memproduksi lebih
banyak hanya setelah permintaan pasar sudah terbukti, sehingga
meminimalisir waste sekaligus meningkatkan kecepatan dalam
menawarkan desain baru. Dikombinasikan dengan analisis real-time,
Claude memahami perilaku dan selera pelanggan secara immediate sehingga
dapat beradaptasi secara instan. "Industri pakaian jadi adalah salah satu
penyumbang limbah terbesar - terutama karena stok yang tidak terjual - industri
ini lambat untuk melakukan perubahan, sehingga kami dengan senang hati memimpin
perkembangan dengan model bisnis kami yang berhasil memangkas limbah barang
jadi hingga 90%, yang secara bersamaan memaksimalkan pendapatan dan
profitabilitas perusahaan", kata CEO.
Pembiayaan terbaru Claude akan digunakan untuk meningkatkan
penawaran produk saat ini dan memperkuat pasar yang telah ditembus. Pendanaan
tersebut dipimpin oleh salah satu pendukung awal Tokopedia dan Kakao Corp,
CyberAgent Capital dan didukung oleh family office Prima Fund
I. "Indonesia adalah salah satu pasar ritel konsumen terbesar di dunia.
Dengan nilai merek Claude yang kuat serta pengalaman yang dibawa oleh tim
manajemen, kami percaya bahwa perusahaan dapat membawa proposisi nilai yang
unik dan dapat diterima dengan baik oleh pasar pakaian jadi
di Indonesia dan Asia Tenggara yang sangat besar.",
kata Nobuaki Kitagawa, Managing Director CyberAgent Capital, Inc. (Tim Liputan).
Editor : Aan