Nakes TNI AL Ketapang Laksanakan Pengobatan Gratis Dan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Editor: Redaksi author photo

 Nakes TNI AL Ketapang Laksanakan Pengobatan Gratis Dan Sosialisasi Pencegahan Stunting
KALBARNEWS.CO.ID (KENDAWANGAN) - Tim tenaga Kesehatan Lanal Ketapang yang dipimpin oleh Paur Polgi BP Lanal Ketapang, Lettu Laut (K) dr Miftahul Anwar dan Babinpotmar Lanal Ketapang bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Kendawangan melaksanakan serangkaian kegiatan Bhakti sosial antara lain  pemasangan alat Kontrasepsi (KB suntik, KB Pil, IUD, Implan, Kondom) pemeriksaan IVA, USG ibu hamil, dan Scrining kesehatan secara gratis di Puskesmas Kendawangan. pada hari Senin, (12 Juni 2023).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang jatuh pada tanggal 24 Juni dan hari Bhakti Dokter Indonesia (BDI) pada tanggal 20 Mei, Kegiatan ini sebagai rangkaian bakti sosial kepada masyarakat. 


Dalam keterangannya kepada awak media, dr Miftahul Anwar menjelaskan bahwa tujuan dari dilaksanakannya Bhakti sosial tersebut adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang ini.


dr Miftahul Anwar menyebut karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan mendasari peningkatan Kualitas dan Kuantitas hidup seseorang dalam beraktivitas, apalagi dengan kurangnya wawasan tentang kesehatan ataupun ketidak mampuan ekonomi untuk mendapatkan penanganan medis, seseorang bisa pasrah dengan penyakit yang dideritanya. 


"Tidak hanya diadakan Bhaksos Kesehatan, Tim Nakes Lanal Ketapang dan Puskesmas Kendawangan juga memberikan penyuluhan tentang Stunting, karena sebagian besar masyarakat belum memahami istilah yang disebut Stunting, Stunting sendiri adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya," jelasnya. 


Paur Polgi BP Lanal Ketapang Lettu Laut (K) dr Miftahul Anwar mengatakan bahwa ada terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan Stunting yaitu perbaikan dalam Pola makan, pola asuh dan status gizi, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.


"Stunting sendiri merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa, Hal ini dikarenakan anak yang beresiko Stunting bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi disekolah, produktivitas dan kreatifitas diusia produktif," pungkasnya. (Fendi's).


Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini