KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Perusahaan teknologi
buatan Indonesia, Tokopedia, meluncurkan fitur Augmented Reality (AR). Melalui
fitur AR di Tokopedia, masyarakat dapat mencoba berbagai produk makeup, seperti
lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli. Rabu (24 Mei
2023).Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality (AR), Masyarakat Bisa Mencoba Makeup Secara Virtual
“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra
strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan
fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk
makeup yang sesuai dengan warna kulit,” ungkap Category Strategic Partnership
Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali.
Untuk mencoba fitur AR Tokopedia, masyarakat cukup ketik dan klik ‘Virtual
Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman
tersebut, masyarakat bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain
barangnya, yuk!’.
“Masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan
sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis. Fitur AR ini dapat dinikmati
pengguna Android dan Ios dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” jelas
Azzahra.
Fitur Terbaru Lainnya: ‘Keyboard Tokopedia’ dan ‘Bagikan Alamat’ Bikin
Belanja Online Makin Praktis
“Khusus untuk pengguna iOS, kini dapat menggunakan fitur Keyboard
Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di
wishlist Tokopedia mereka ke teman atau kerabat dengan lebih mudah,” kata
Azzahra.
Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings
(Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang
lebih baru, kemudian pilih Tokopedia.
Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta
Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik
serta tahan ikon , dan klik Tokopedia. Selain fitur Keyboard Tokopedia,
Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Bagikan Alamat.
“Masyarakat bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya
kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah melalui dengan menggunakan fitur
Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu ketik alamat penerima
secara manual,” jelas Azzahra.
“Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah,
pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikondi pojok kanan atas
halaman utama. Kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Pilih tab ‘Dari
Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’. Setelah itu, pengguna dapat
memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat,
lalu klik ‘Minta Alamat’,” jelas Azzahra.
Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan
klik ikondi halaman utama Tokopedia, lalu klik notifikasi permintaan alamat, misalnya
‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik
‘Bagikan Alamat’.
“Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi
Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna
Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat. Caranya, klik ikondi pojok kanan
atas halaman utama, kemudian klik ikon dan pilih
‘Daftar Alamat’. Klik ikonpada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan
email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat
tersebut,” tambah Azzahra.
Di sisi lain, bagi pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau
kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon
notifikasipada halaman utama Tokopedia.
Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah
mengirimkan alamat, misalnya ‘Toppers mengirimkan alamat!’. Selanjutnya,
pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik ‘Simpan’ dan setelah itu alamat
akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat.Azzahra menekankan, “Fitur
Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di Tokopedia,
mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik,
gadget dan beragam kategori produk lainnya.”
Inovasi Teknologi Tokopedia Bantu Brand Lokal Tingkatkan Daya Saing Bisnis Selain
menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pembeli berbelanja online,
Tokopedia juga menghadirkan sejumlah fitur untuk membantu pelaku usaha di Indonesia,
khususnya UMKM lokal, meningkatkan daya saing bisnis online.
“Ada berbagai fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan penjual, yaitu fitur
Spesifikasi, Katalog Tokopedia dan Kurir Rekomendasi. Fitur-fitur ini berlaku
untuk berbagai kategori produk, mulai dari kecantikan dan perawatan diri,
makanan dan minuman, elektronik, gadget dan masih banyak lagi,” ujar Azzahra.
Pada fitur Spesifikasi, penjual bisa memberikan informasi produk lebih
lengkap, seperti manfaat, kandungan produk hingga cara pakai, untuk lebih meyakinkan
calon pembeli. Sedangkan Katalog Tokopedia membantu penjual melakukan kurasi produk
unggulan agar pembeli bisa lebih mudah memilih dan membandingkan produk
berdasarkan harga, ulasan dan lain-lain.
Di sisi lain, Kurir Rekomendasi, menerapkan AI untuk merekomendasikan mitra
logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga.
Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Medan, Deli Serdang, Yogyakarta, Bantul,
Sleman, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar, Surabaya, Sidoarjo, Bandung dan
akan terus bertambah di kota lainnya.
“Dengan Kurir Rekomendasi, penjual bisa mengatur jadwal pick up barang.
Selain itu, penjual juga bisa live chat bersama tim khusus apabila terjadi kendala
pengiriman,” jelas Azzahra.
Animo Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Pascapandemi
Makin Tinggi Riset e-Conomy SEA 2022 mengungkapkan sekitar 80% konsumen digital
di Indonesia akan meningkat atau setidaknya mempertahankan penggunaan layanan
digital pada tahun 2023.
BPOM di sisi lain mengungkapkan, pada tahun 2022, jumlah pelaku usaha di
industri kecantikan di Indonesia tumbuh 20,6% dari tahun 2021. Peningkatan
tersebut didominasi oleh UMKM, yakni sebesar 83%.
“Tokopedia sendiri sudah menjadi rumah bagi lebih dari 12 juta penjual dan
hampir 100% UMKM, termasuk yang bergerak di kategori produk Kecantikan dan
Perawatan Diri. Layanan kami pun bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan
di Indonesia. Berdasarkan data-data itu, artinya potensi industri kecantikan di
Indonesia masih sangat besar,” kata Azzahra.
“Hal tersebut mendorong Tokopedia menggencarkan berbagai inisiatif demi
membantu masyarakat, baik penjual maupun pembeli, menunjang penggunaan layanan
digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk akan produk kecantikan
dan perawatan diri. Salah satunya, kampanye Tokopedia Beauty,” ujar Azzahra.
Jacquelle merupakan contoh brand
lokal kecantikan yang dalam Tokopedia Beauty. (Kisah inspiratif Jacquelle dapat
dilihat di lampiran.)Tokopedia di sisi lain menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi
geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada.
Contoh manifestasinya
Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk dari penjual terdekat
dari lokasi pembeli, dan Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang
memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada
wilayah dengan permintaan tinggi.
Kriwil Indonesia merupakan
contoh brand lokal perawatan rambut yang telah memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani
Tokopedia agar produk perawatan khusus rambut keriting bias dijangkau oleh seluruh masyarakat di Indonesia
dengan lebih cepat dan efisien. (Kisah inspiratif Kriwil Indonesia dapat dilihat di lampiran.)
“Berkat Hyperlocal Tokopedia
dan berbagai inisiatif lainnya, penjualan produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia naik hampir 2
kali lipat sepanjang kuartal I 2023 dibandingkan kuartal
I 2022. Sampo, pembersih wajah, lipstik, bedak dan masker wajah menjadi
beberapa produk yang paling laris di kategori
Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia,” jelas Azzahra.
Pada produk Perawatan Diri,
sepanjang kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, Tokopedia mencatat wilayah dengan peningkatan
tertinggi jumlah transaksi, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat, antara lain Kabupaten
Gianyar (Bali), Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat) dan Deiyai (Papua). Sedangkan wilayah dengan
peningkatan tertinggi jumlah penjual, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat, yaitu
Kabupaten Aceh Besar (D.I Aceh), Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat) dan Berau (Kalimantan
Timur).
Pada produk Kecantikan,
sepanjang kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, Tokopedia melihat wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah
transaksi, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat, antara lain Kabupaten Lombok
Utara (Nusa Tenggara Barat), Kota Tual (Maluku) dan Kabupaten Yahukimo (Papua). Sedangkan
wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 4
kali lipat, yaitu Kabupaten Langkat (Sumatra Utara), Kubu Raya (Kalimantan Barat) dan Kota
Palopo (Sulawesi Selatan).
“Berkat Inisiatif Hyperlocal,
pembeli bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan diri dari penjual setempat atau dari luar
kota/pulau dengan lebih cepat dan efisien. Dampaknya, transaksi antarpulau tercatat tinggi;
contohnya, transaksi dari penjual produk kecantikan dan perawatan diri di Kepulauan Maluku ke
pembeli di Pulau Jawa meningkat lebih dari 2,5 kali lipat. Di sisi lain, transaksi dalam satu
pulau yang sama juga tinggi; contohnya, transaksi di Pulau Papua akan produk kecantikan dan
perawatan diri meningkat sebesar 7 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I
2022,” tutup Azzahra. (Tim Liputan).
Editor : Aan