HUT Ke-1.061 Dewi Macou Sungai Sahang

Editor: Redaksi author photo

HUT Ke-1.061 Dewi Macou Sungai Sahang
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Ribuan umat Tridharma menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-1.061 Thian How Sia Bo atau lebih dikenal Dewi Macou di Vihara Dewi Mulia, Sungai Sahang, Siantan, Pontianak, Senin (15 Mei 2023).

Perayaan HUT Dewi Macou yang diperingati setiap bulan 3, tanggal 23 pada penanggalan Imlek, tahun ini tepat jatuh pada Jumat (12 Mei 2023). Perayaan diawali dengan sembahyang bersama pagi harinya, dilanjutkan seremonial dan pemberian penghargaan kepada tokoh yang berjasa terhadap Vihara Dewi Mulia Sungai Sahang serta dimeriahkan acara hiburan oleh penyanyi terkenal diikuti perjamuan umum untuk umat maupun tamu undangan.

Ketua Panitia Perayaan HUT Dewi Macou, Lim Kok Yak mengatakan perayaan HUT Dewi Macou tahun ini merupakan perayaan pertama meski Vihara Dewi Mulia sudah lama berada di daerah Sungai Sahang, Siantan.

“Hari ini adalah perdana kita mengadakan acara peringatan ulang tahun Macou di Vihara Dewi Mulia Sungai Sahang,” ujar Ahuat, nama panggilan Lim Kok Yak.

Ahuat mengungkapkan, bahwa Yayasan Vihara Dewi Mulia Baru menyelesaikan pekerjaan pengembangan membangun taman seluas 4.000 meter persegi untuk memperindah vihara agar umat yang datang selain sembahyang juga bisa menikmati wisata religi di komplek vihara.

“Lokasi acara yang kita duduki saat ini, sebelumnya adalah hamparan rawa yang kita timbun dan kita bangun hingga seperti sekarang ini. Tentu saja ini semua tidak lepas dari partisipasi dan donasi dari Bapak/Ibu, Saudara/Saudari yang mengeluarkan ketulusan hatinya untuk memberikan dukungan moril maupun materil,” tutur Ahuat dalam sambutannya.  

Ia mengharapkan dengan adanya perayaan memperingati ulang tahun Macou di Yayasan Vihara Dewi Mulia agar umat dapat mempertahankan dan meningkatkan iman kepada Tuhan dan Dewi Macou.

“Peringatan ini juga upaya kita mempertahankan dan melestarikan warisan budaya leluhur serta meneruskan pewarisan ini kepada anak cucu, menjadikan kita sebagai pribadi yang beradab,” harapnya.  

Ketua Umum Yayasan Dewi Mulia, Liaw Sie Bun mengapresiasi kerja panitia yang sudah bekerja keras menata Vihara Dewi Mulia menjadi indah dan asri sehingga memberi kenyamanan umat bersembahyang hingga sukses mengadakan perayaan perdana HUT Dewi Macou di Vihara Dewi Mulia Sungai Sahang.

“Tahun 2023 ini, ulang tahun Dewi Macou terasa sangat spesial karena kita berada di Taman Kelenteng Dewi Macou yang baru saja rampung dibangun secara bertahap, yang sudah dimulai dari 20 tahun yang lalu. Kurun waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Menurut Liaw Sie Bun, memperingati ulang tahun Dewi Macou tentu tak bisa dipisahkan dengan kelenteng yang digunakan warga Tionghoa untuk bersembahyang dan berdoa.

Ia mengenang sebelum dilakukan renovasi, lokasi tersebut berdiri dua bangunan kelenteng dengan ukuran bangunan masing-masing 8 m x 3,5 m dengan halaman yang sering tergenang air, bangunan rapuh dimakan usia sehingga sulit bagi umat untuk beribadah.

Pada tahun 1997 baru mulai melakukan pembangunan baru dua kelenteng yaitu Macou dan Pekkong yang lebih besar ukurannya dari ukuran sebelumnya. Pembangunan dilanjutkan lagi oleh Bapak Lie Khi Leng pada tahun 1999 dengan menata ulang hingga menjadi wajah baru dan memperluas halaman. 

“Dan di tahun 2022, pembangunan tahap ketiga kembali dilakukan sehingga Kelenteng Dewi Macou selain menjadi tempat beribadah, juga bisa menjadi tempat rekreasi dan edukasi budaya Tionghoa di Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini