Mafindo Bekali Lansia Di Kota Pontianak Pengetahuan Cakap Digital Untuk Mencegah Berita Hoax

Editor: Redaksi author photo
Mafindo Bekali Lansia  Pengetahuan Cakap Digital Untuk Mencegah Berita Hoax

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Guna mecegah marak berseliwerannya misinformasi atau hoaks Mafindo Pontianak berikan pembekalan pengetahuan kepada puluhan lansia di Kota Pontianak bersama Ummahat Rabithah Alawiyah Pontianak untuk cakap digital sehingga bisa melakukan pencegahan terhadap berita hoax.

Edukasi tersebut dilakukan berupa Pelatihan Akademi Digital Bagi Warga Lansia dengan tema 'Lansia Kota Pontianak Siap Cakap Digital' di aula Magister Ilmu Sosial dan Politik Untan Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat 10 Maret 2023.

Korwil Mafindo Pontianak Dr. Syarifah Ema Rahmaniah menyampaikan, pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai bekal bagi para lansia untuk bisa cakap digital.

"Bagaimana mengedukasi dan mencerdaskan para masyarakat khususnya para lansia agar tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax ataupun penipuan," ujarnya.

Satu diantara peserta pelatihan Syarif Ahmad Yani Al Idrus Ismil Al Idrus (58) mengaku terkesan dengan pelatihan tersebut.

"Yang awalnya kami tidak tahu, dengan adanya pelatihan ini menambah pengetahuan kami para lansia apalagi memang kami kurang pintar dalam digital," ucapnya.

Ia menerangkan, setelah mengetahui tentang tata cara pencegahan terhadap berita hoax akan mengajak kepada keluarga, terutama anak-anaknya yang sudah memiliki handphone android untuk bisa cakap digital.

"Harapannya semoga lansia bisa mengerti agar terhindar dari berita hoax ataupun penipuan," terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Syarifah Nur Jannah, Ia berharap dengan adanya pelatihan ini dirinya bersama para lansia di Kota Pontianak khususnya bisa mengetahui berita-berita hoax atau tidak.

"Dengan adanya pelatihan ini bisa mengetahui berita-berita hoax atau tidak dan saya senang bisa ikut kegiatan ini. Karena bisa mengetahui berita hoax sampai pencegahannya. Maka kita akan mengajak keluarga untuk tidak terpengaruh oleh berita hoax," pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini