KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA) - Merupakan negara yang terdiri lebih dari 17.000 pulau dan menjadi rumah bagi
300 kelompok etnis, Indonesia menjadikan negara kepulauan yang memiliki ragam
budaya yang menarik perhatian mata dunia. Budaya Indonesia yang kaya ini
memberikan sentuhan khas untuk setiap suku dan adat yang ada. Hal inilah yang
mendorong Jakarta CMO Club, El John Indonesia, dan MarkPlus Corp menggelarkan
The 88th Jakarta CMO Club 2023 dengan tajuk “Bringing Indonesian Culture To The
World”. Kamis (30 Maret 2023). Yayasan EL JOHN Indonesia dan Jakarta CMO Club Yakini Ajang Kecantikan Mampu Junjung
Jakarta CMO Club
sebagai platform untuk memberdayakan pemasaran ke tingkat yang lebih tinggi, menghadirkan
Hermawan Kartajaya sebagai Tri-Founder of Philip Kotler Center for ASEAN
Marketing dan Martinus Johnnie Sugiarto sebagai CEO El JOHN Indonesia yang juga
sebagai Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia. Acara ini turut dimeriahkan
dengan kehadiran deretan pemenang kontes kecantikan Indonesia, yang antara lain
adalah dr. Tania Saputra (Putri Pariwisata Indonesia 2022), La Tanya Alisa
(Miss Culinary Tourism Indonesia 2022), Kimberlyn Sugianto (Miss Chinese Indonesia
2022), dan Eunike Suwandi (Putri Bumi Indonesia 2021) yang dilaksanakan pada
Kamis, 30 Maret 2023 di Menara Batavia, Jakarta Pusat.
Kini, pemerintah
Indonesia telah aktif mempromosikan budaya Indonesia melalui berbagai inisiatif
seperti menyelenggarakan festival dan acara budaya, mendukung pengembangan
industri kreatif, serta mendirikan pusat budaya dan museum yang dapat
dikunjungi oleh turis mancanegara. Upaya ini telah membantu meningkatkan
kesadaran tentang budaya Indonesia dan kepentingannya dalam komunitas global.
Dalam perhelatan
ini, Hermawan Kartajaya menegaskan, “Membawa budaya Indonesia ke dunia adalah
tugas penting yang membutuhkan kolaborasi individu, organisasi, dan pemerintah.
Itu juga merupakan strategi pemasaran yang perlu digali. Negara kita ini sudah
sangat kaya dengan budayanya, anak-anak muda inilah yang harus membawa,
mempromosikan dan memasarkan Indonesia’s culture to the world. Putri-putri
Indonesia terobosan dari yayasan El JOHN Indonesia inilah yang menjadi
perwakilan kita semua untuk membawa nama Indonesia mendunia” tegasnya.
Disamping itu,
yayasan EL JOHN Indonesia sebagai pemegang lisensi ajang kecantikan terbanyak
di Indonesia, bertekad menghantarkan putri-putri Indonesia ke panggung dunia.
Yayasan yang berfokus di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Promosi
Pariwisata Indonesia, serta lingkungan hidup dan budaya, ini memiliki misi dan
visi untuk melakukan pembinaan, pengarahan dan penyelenggaraan kegiatan
kreativitas bagi generasi muda di Indonesia.
Prestasi dari pemenang kontes
kecantikan di Indonesia akan mewakili ajang kecantikan secara internasional. Hal ini diyakini oleh
Johnnie Sugiarto sebagai CEO EL JOHN Indonesia mengatakan Program yang kami bawa dan latih kepada para kontestan,
saya harap dapat membawa budaya Indonesia melalui prestasi
para putri Indonesia dengan keanggunannya dan keramahannya. Mereka inilah yang
akan menjadi representatif Indonesia untuk
menjunjung budaya tanah air secara global dan internasional.
“Yayasan EL JOHN Indonesia
memiliki empat event pageant yang digelar setiap tahun yakni Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia, Putra Putri
Pariwisata Nusantara, Putri Bumi Indonesia dan Miss Chinese Indonesia. Pemenang di kontes tersebut akan
membawa program Bringing Indonesia Culture to The World,
saat tampil di kontes dunia, mewakili Indonesia. Dengan demikian, para delegasi
akan memperkenalkan budaya Indonesia kepada
masyarakat internasional. Selain itu, Kami juga ingin mewujudkan mimpi anak-anak muda Indonesia
untuk tampil di panggung dunia. Saya yakin, anak Indonesia
tidak kalah hebat dengan bangsa lain,” tambah Johnnie. (Tim Liputan).
Editor : Aan