Terkait Isu Penculikan Anak, IPNU Kubu Raya Ajak Masyarakat Lebih Selektif Menerima Informasi

Editor: Redaksi author photo
Ketua PC IPNU Kabupaten Kubu Raya, Abdussomad
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Isu-isu penculikan anak dalam jangka waktu beberapa hari ini cukup meneror banyak orang di daerah Kabupaten Kubu Raya. Informasi beredar liar melalui group-group WhatsApp dan media sosial lainnya.Minggu (5 Februari 2023).

Menyikapi isu itu yang terus berkembang, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Kubu Raya mengajak masyarakat untuk lebih selektif, bijak dan hati-hati setiap menerima informasi di media sosial, baik dalam bentuk Foto, Pesan,Video dan semacamnya agar tidak menimbulkan keresahan. Tabayyun atau klarifikasi terlebih dahulu adalah suatu hal yang harus dilakukan sebelum menyebarluaskan informasi.

"Saya juga banyak menerima pesan itu, baik secara pribadi dan bahkan via group WhatsApp, setelah saya tanya lebih lanjut kepada pengirim tentang kejadian itu, ada yang mengatakan benar ada yang mengatakan hoak, namun lebih banyak informasi masuk yang tidak jelas sumber informasi dan lokasinya," kata Abdusshomad, Ketua PC IPNU Kubu Raya.

Sebagai bentuk antisipasi orang tua kepada anaknya, PC IPNU Kubu memiliki tips dan menyarankan untuk membekali hal-hal ini kepada anak-anak mereka:

1. Selalu memantau aktif kegiatan anak.

Selalu menjaga dan bertanya dengan anak berada dan kemana ia pergi, untuk memastikan bahwa mereka selalu berada diposisi dan situasi yang aman dan nyaman.

2. Menjaga jarak dengan orang asing:

Anjurkan kepada anak-anak untuk tidak berinteraksi dengan orang-orang asing yang tidak mereka kenali.

3. Berkomunikasi dengan anak:

Bangun komunikasi dan kepercayaan anak dapat membantu mereka merasa nyaman dan memahami bahaya penculikan.

4. Menjaga akses internet:

Batasi penggunaan akses internet serta selalu memantau aktivitas anak secara berskala dapat membantu dan mencegah mereka terpapar resiko penculikan online. 

5. Selalu bersikap bertindak cepat:

Jika merasa ada ancaman segera ambil tindakan untuk melaporkan polisi atau pihak yang berwajib.

Dengan melakukan beberapa tindakan itu, kita dapat meminimalisir dan membantu mengurangi resiko penculikan anak, dan memastikan bahwa mereka aman, nyaman dan terlindungi. (Zainullah)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini