Steven Greatness Pimpin LPTG Kalbar Dan Ajak Umat Buddha Sukseskan Kegiatan STG

Editor: Redaksi author photo

Steven Greatness Pimpin LPTG Kalbar Dan Ajak Umat Buddha Sukseskan Kegiatan STG
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Serah terima, Ketua LPTG Kalimantan Barat periode 2017 – 2022, Limas Djoni Fudjio (kiri) menyerahkan berkas dokumen LPTG kepada Ketua Terpilih LPTG periode 2023 – 2027, Steven Greatness (kanan) disaksikan Naryoto, Pembimas Buddha Kalbar di di Aula Kantor Wilayah Kemenag RI Kalimantan Barat, Sabtu (18 Februari 2023).

Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Kalimantan Barat terpilih sebagai Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Kalimantan Barat masa bakti 2023 – 2027 melalui musyawarah pimpinan Agama Buddha di Aula Kantor Wilayah Kemenag RI Kalimantan Barat.

Musyawarah pembentukan Pengurus LPTG masa bakti 2023 – 2027 Provinsi Kalimantan Barat difasilitasi oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag RI Kalimantan Barat, Naryoto. 

Hadir dalam musyawarah tersebut Ketua Permabudhi Kalbar, dr Ali Fuchih Siaw, Ketua Walubi Kalbar, Rolink Kurniadi Darmara, Ketua Pokjaluh Kalbar, Saryono, serta pimpinan majelis, lembaga, dan organisasi Buddha tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Pemilihan Ketua Umum LPTG Kalbar melalui voting dengan total suara pemilihan sebanyak 38 suara dan 5 calon Ketua Umum. Steven Greatness memperoleh 13 suara, disusul Edi Jonatan 11 suara, Sujono 8 suara, Budi Purwanto 5 suara dan Neky memperoleh satu suara.   

Ketua Umum Terpilih LPTG Kalbar, Steven Greatness memohon dukungan dan kerja sama para pimpinan majelis, lembaga dan organisasi umat Buddha di Kalimantan Barat untuk bersinergi menyukseskan setiap kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, bahkan tingkat nasional.

Steven Greatness mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan para senior, ketua majelis, lembaga, organisasi dan tokoh umat Buddha atas memilihnya menjadi Ketua Umum LPTG Kalimantan Barat untuk masa jabatan empat tahun mendatang.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan para senior, ketua dan tokoh umat Buddha di Kalimantan Barat. Jabatan ini adalah amanah yang harus diemban dengan rasa tanggung jawab. Saya mohon dukungan semua pihak demi kemajuan umat Buddha Kalimantan Barat,” ujarnya.

Adapun langkah pertama yang akan dilakukan setelah terpilih sebagai Ketua Umum LPTG, menurut Steven Greatness adalah segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) penetapan pengurus LPTG Kalimantan Barat masa bakti 2023 – 2027.

“Sesuai amanat Undang-Undang, Peraturan Menteri Agama dan peraturan lainnya, penetapan kepengurusan LPTG Kalimantan Barat adalah melalui Keputusan Gubernur Kalimantan Barat. Karena itu, kita akan segera berkoordinasi dengan Biro Kesra Pemprov Kalimantan Barat untuk audinesi dengan Bapak Gubernur sekaligus melaporkan hasil musyawarah pimpinan tokoh agama Buddha tersebut,” tutur Steven. 

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag RI Kalimantan Barat, Naryoto mengapresiasi musyawarah pimpinan tokoh agama Buddha dalam memilih Ketua Umum LPTG Kalimantan Barat yag baru selesai dilaksanakan sehingga terpilihnya Steven Greatness menjabat ketua umum untuk masa bakti 2023 – 2027.

“Pertama kami ucapkan selamat kepada Pak Greatness telah terpilih sebagai Ketua Umum LPTG Provinsi Kalbar masa bakti 2023 – 2027. Memang ini PR cukup besar juga, bagaimana kita bisa optimalkan dalam rangka kegiatan STG atau lomba – lomba terkait Tipitaka, Sutra dan Mantra perlu kita perkuat,” katanya.

Naryoto mengajak semua umat Buddha yang ada di Kalimantan Barat dan pemerintah daerah untuk mendukung Kepengurusan LPTG yang baru terbentuk dapat meningkatkan pemahaman dan penghayatan Kitab Suci Tripitaka serta menyelenggarakan perlombaan dari tingkat kabupaten, provinsi dan siap mengirimkan kontingen ke tingkat nasional.

“Harapan kita menjadi juara, karena Kalbar juga mempunyai umat yang cukup banyak dan kalau persiapan yang matang dan pelatihan yang cukup pasti kita bisa juara dan harumkan nama daerah,” ucapnya.

Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kalimantan Barat, Rolink Kurniadi Darmara turut mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru LPTG Kalimantan Barat.

“Saya atas nama seluruh jajaran pengurus Walubi Provinsi Kalbar mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Bapak Steven Greatness sebagai Ketua LPTG Provinsi Kalbar beserta seluruh kepengurusan yang telah terpilih melalui rapat musyawarah pimpinan Lembaga, Majelis, dan Organisasi Buddha tingkat Provinsi Kalbar,” ujarnya.

Kurniadi mengharapkan, LPTG Provinsi Kalbar periode 2023-2027 di bawah kepemimpinan Bapak Steven Greatness dapat mengemban amanah dan tugas dalam mempersiapkan kontingen Kalbar yang akan mengikuti perlombaan pada ajang STG yang rencananya akan digelar pada tahun 2023.

Menurut Kurniadi, potensi umat Kalbar sesungguhnya besar, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Oleh sebab itu melalui LPTG diharapkan dapat menggali dan memaksimalkan potensi tersebut. Dengan begitu dapat mengangkat nama dan kiprah umat Buddha Kalbar dan nama daerah Kalbar.

“Saya selaku Ketua Walubi Provinsi Kalbar beserta seluruh Pimpinan Majelis yang bergabung di dalamnya siap mendukung penuh Kepengurusan LPTG Provinsi Kalbar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” tutur Kurniadi yang juga merupakan pengurus FKUB Kalimantan Barat.

Harapan sama dikatakan Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Kalimantan Barat, dr Ali Fuchih Siaw. 

“Selamat atas terpilihnya Bapak Steven Greatness sebagai Ketua Umum LPTG Kalbar. Semoga LPTG mampu meningkatkan pengembangan Tripitaka Gatha bagi umat Buddha Kalimantan Barat. Permabudhi Kalbar siap mendukung semua kegiatan LPTG Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini