Sinergitas, Sekda Ketapang Bersama Kapolres Serta Dandim Pimpin Apel Gabungan

Editor: Redaksi author photo

Sinergitas, Sekda Ketapang Bersama Kapolres Serta Dandim Pimpin Apel Gabungan
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Sekda Ketapang  Alexander Wilyo beserta Kapolres Ketapang AKBP Meliala serta Dandim 1203 Letkol Imam Mustofa menjadi pimpinan apel gabungan kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang berlangsung di lapangan apel PT Kayung Agro Lestari (KAL) Di Desa Kuala Tolak Kecamatan Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang, Kamis (16 Februari 2023).

Kegiatan apel gabungan juga diikuti Pimpinan Managemen PT KAL, Kepala BPBD Ketapang, Kepala Manggala Agni, Camat Matan Hilir Utara, Kapolsek Matan Hilir Utara, Danramil Matan Hilir Utara dan Kepala Desa Se-Kecamatan Matan Hilir Utara serta personil gabungan dari Polres Ketapang, Kodim 1203/Ktp, Lanal Ketapang, Brimob Kompi C Ketapang, BPBD Ketapang, Manggala Agni Ketapang, Sat Pol PP Ketapang, Damkar Pemda Ketapang, tim pengendali api PT KAL dan relawan Karhutlah Kecamatan Matan Hilir Utara.

Sekda Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo dalam amanatnya menyampaikan bahwa sinergitas antar Pemda, Polres Ketapang bersama Kodim 1203/Ktp dalam pencegahan serta pengendalian Karhutlah sudah tidak perlu diragukan lagi, hal ini sudah ditunjukan dengan kegiatan preventif yaitu sosialisasi himbauan bersama pencegahan Karhutlah sampai dengan patroli bersama.

“Seperti kita ketahui bersama bagaimana saat Kabupaten Ketapang dilanda musibah banjir pada tahun lalu, begitu hebatnya sinergi dan rasa kebersamaan antara unsur Polri, TNI serta Pemda Ketapang dalam menyalurkan bantuan serta mengevakuasi warga masyarakat yang terdampak banjir, Saya pastikan hal itu juga terjadi dalam kesiapan penanggulangan Karhutlah di wilayah Kabupaten Ketapang ini,” ujar Sekda.

Kapolres Ketapang dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa sinergitas antar instansi dalam pencegahan serta penanggulangan Karhutlah di wilayah Kabupaten Ketapang wajib diperlukan dan ditingkatkan dalam mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk potensi Karhutlah. 

“Sinergitas antar instansi, Lembaga serta pihak perusahaan atau Korporasi dalam mengatasi Karhutlah wajib kita perkuat, dan saya minta seluruh rekan rekan yang terlibat dalam pelaksanaan apel gabungan ini untuk terus mengikuti perkembangan informasi cuaca terutama potensi penyebaran titik api diwilayah Kabupaten Ketapang,” ungkap Kapolres

Ditambahkan Kapolres bahwa dalam waktu dekat, pihaknya bersama Pemda Ketapang BPBD dan Kodim Ketapang akan segera membangun pos pemantauan titik api di lokasi rawan Karhutlah seperti di Kecamatan Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Kecamatan Muara Pawan serta di Kecamatan Kendawangan.

Kapolres berharap bahwa dengan persiapan, pengecekan personil gabungan dan sarana pendukung, maka pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ketapang dapat terlaksana dengan baik.

“Langkah langkah preventif sudah dilaksanakan melalui himbauan dari personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa di setiap pelosok wilayah, melalui himbauan di media sosial dan media cetak serta digelaranya kesiapan personil dan sarpras sehingga kita harapakan bersama pengendalian Karhutlah di wilayah Kabupaten Ketapang dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” tegas Kapolres.

Kegiatan apel bersama ditutup dengan pengecekan sarana pemadaman Karhutlah seperti mesin pompa air, mobil pemadam serta personil. Diakhir acara juga dilaksanakan simulasi peragaan pemadaman api yang diperagakan oleh personil gabungan yang terdiri dari Polres Ketapang, Kodim 1203/Ktp dan BPBD Ketapang, serta tim pemadam dari PT. KAL itu sendiri.(Fendi's)

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini