Dekranasda Lestarikan Warisan Tradisi Tercermin Dalam Produk Daerah

Editor: Redaksi author photo

Dekranasda Lestarikan Warisan Tradisi Tercermin Dalam Produk Daerah
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Wakil Bupati Sintang, Melkianus menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Sintang periode 2021 - 2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang. Jumat (17 Februari 2023).

"Selamat kepada pengurus yang baru di lantik. Semoga para pengurus yang telah dilantik mempunyai kreativitas tinggi dalam mengembangkan para pengrajin di Sintang," kata Melki.

Dekranasda sebagai suatu organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk melestarikan warisan tradisi dan budaya yang tercermin dari berbagai produk kerajinan di daerah. Di Kabupaten Sintang, ada produk unggulan berupa kain tenun ikat, anyaman dari rotan, dan anyaman dari bambu.

"Pemerintah daerah mendukung penuh aktivitas dekranasda dalam melaksanakan program kegiatan Dekranasda di Sintang. Semoga semakin tergali lagi karya cipta dan produksi para pengrajin dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat," pesan Melki lagi.

Para pengurus Dekranasda ini dilantik langsung oleh Ketua Dekranasda Sintang, Ny. Rita Cendanawangi. Pada kesempatan ini diterimakan juga bantuan mesin jahit kepada Organisasi Wanita Pekarya Desa Umin Jaya.

Rita Cendanawangi menambahkan saya percaya bahwa saudara - saudara akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab demi kemajuan organisasi. Dekranasda sebagai mitra pemerintah yang selalu bersinergi melaksanakan program pembinaan kepada para masyarakat pengrajin.

"Kami akan senantiasa bekerja sama dengan segala pihak pemangku kepentingan untuk mengembangkan usaha kerajinan dengan langkah - langkah strategis yang tepat sasaran. Semoga amanah yang pengurus terima bisa membuat kami lebih produktif untuk mewujudkan Sintang berkelanjutan, bermartabat dan sejahtera," ungkapnya. 

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Lismaryani Sutarmidji, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, dan sejumlah pejabat Forkopimda di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang. (Tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini