ATBI : Pertambangan Yang Baik Tanpa Melupakan Kearipan Lokal Serta Lingkungan Hidup

Editor: Redaksi author photo

Ketia ATBI Probo Yuniar Wahyudianto menyerahkan SK Kepegurusan
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Ketua Umum dan Dewan Pengurus Pusat  Asosiasi Tambang Batuan Indonesia (ATBI) Probo Yuniar Wahyudianto, berharap ATBI Provinsi Kalimantan Barat menjadi mitra Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pembangunan wilayah dan ekonomi nasiona serta anggotanya dapat menerapkan usaha pertambangannya yang berwawasan lingkungan. Sabtu (25 Februari 2023).

Probo Yuniar Wahyudianto, mengatakan bahwa pertambangan tersebut adalah perubahan lingkungan untuk menuju yang lebih baik.

"Tapi jangan lupakan wilayah dan masyarakat sekitar, dan saya optimisme Kalimantan Barat bisa menjadi provinsi dengan pertambangan yang lebih baik, tanpa melupakan kearipan lokal serta lingkungan hidup," ungkapnya pada acara Pelantikan Pengurus ATBI Kalimantan Barat periode 2022-2025, di Gedung KONFERENSI Universitas Tanjungpura Pontianak. 

Asosiasi Tambang Batuan Indonesia, kata Probo Yuniar Wahyudianto,  sebagai organisasi dan mitra pemerintah dalam pembangunan.

"Kami memposisikan diri sebagai mitra pemerintah, diharapkan dapat memberikan dukungan dalam pembangunan, terutama dalam mengerahkan potensi sumber daya mineral dan  bukan logam, serta berupaya untuk bergerak bersama dengan pemerintah untuk terus maju dan berkembang," harapnya.

Sementara itu Ketua ATBI Provinsi Kalimantan Barat Periode 2022 - 2025 Arman Ma'ruf Adiko, mengatakan latar belakang pembentukan Asosiasi Tambang Batuan Indonesia atau disebut  juga ATBI adalah bahwa potensi batuan dan mineral bukan logam di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat cukup besar baik jumlah maupun sebarannya. 

Arman Ma'ruf Adiko,  melanjutkan bahwa kebutuhan produk batuan atau material konstruksi dan mineral bukan logam juga besar serta perlunya peran  pemerintah nantinya dalam pengembangan industri pertambangan yang efisien dan berwawasan lingkungan.

"Tujuan dibentuknya Asosiasi Tambang Batuan Indonesia antara lain, untuk memajukan industri tambang batuan dan mineral bukan logam. ATBI menjadi mitra kerja pemerintah dalam pengembangan industri tambang batuan dan mineral bukan logam serta dapat meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan nasional dan ekonomi nasional," ujarnya.

Arman Ma'ruf Adiko, juga mengungkapkan ATBI Provinsi Kalimantan Barat Periode 2020 - 2025  akan fokus pada kegiatan sebagai wadah untuk saling diskusi dan bertukar  informasi dalam kegiatan usaha pertambangan batuan dan mineral bukan logam.

"Kita akan menjadikan mitra kerja pemerintah dalam mengembangkan industri tambang batuan dan mineral bukan logam," ucapnya.

Kemudian kata Arman Ma'ruf, akan berupaya meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan infrastruktur dan ekonomi daerah serta  nasional.

"Kita siap mendukung peningkatan kompetensi sumber daya manusia  mayarakat  Kalimantan Barat di sektor pertambangan," harapnya.

Sementara itu kegiatan Pelantikan Badan Pengurus Wilayah ATBI Provinsi Kalimantan Barat juga bersamaan dilaksanakannya Seminar Nasional dengan Tema “Pengembangan Ekonomi Masyarakat Disekitar Wilayah Tambang serta Tantangan Industri Pertambangan Komoditas Batuan Dalam Upaya Meningkatkan Produksi”, yang dihadiri  peserta berasal dari unsur pelaku usaha tambang batuan dan mineral bukan logam, instansi terkait, Akademisi, Asosiasi sektor Pertambangan, Praktisi/Profesional serta Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak. 

Seminar Nasional yang dilaksanakan setelah agenda pelantikan Pengurus ATBI Kalimantan Barat dengan menghadirkan narasumber, Edi Agustinus, S.Sos, M.Sos dari Perhimpunan Periset Indonesia Wilayah Kalimantan Barat, dengan paparan berjudul “Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Sumber Daya Alam melalui Sinergitas Program CSR dan PPM Pelaku Usaha Tambang Batuan di Desa Peniraman.

Narasumber ST GM PT. Dahana Persero Setio Budhiyanto  memaparkan “Pengenalan Penggunaan Bahan Peledak dan Produk Bahan Peledak Komersial Untuk Kegiatan Pertambangan Batuan. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini