KALBARNEWS.CO.ID (TAIPEI) -- Merebut gelar salah satu produk
terbaik di Taiwan dalam Taiwan Excellence Awards 2023, SysTalk.Chat dari
TPIsoftware, conversational AI chatbot, sukses membuat pencapaian
baru dalam menggerakkan layanan kesehatan berteknologi pintar (smart
healthcare) dengan layanan pelanggan yang berbasiskan kecerdasan buatan
(AI). Dengan robot AI yang menyediakan layanan teks dan suara, dikembangkan
TPIsoftware, Chang Gung Memorial Hospital (CGMH), rumah sakit
terbesar di Taiwan, menjadi lembaga kesehatan pertama
di Taiwan yang menyediakan layanan pelanggan dengan teknologi suara
holistis. Jumat (13
Januari 2023).ilustrasi
Layanan voice
agent berbasiskan AI, Apo, membantu CGMH melayani lebih dari 80.000
orang per bulan, bahkan mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang luar biasa
hingga 92%. Layanan ini mencakup penjadwalan rawat jalan hingga pendaftaran
rawat inap, dan lain-lain. Layanan ini juga melakukan 18.000 panggilan telepon
keluar (outbound call) setiap bulan untuk mengecek pasien TOCC sehingga
mengurangi beban kerja staf sebesar 52%. Lebih lagi, pasien menghemat waktu
sebesar 50% ketika mengatur jadwal rawat jalan lewat layanan teks atau
panggilan telepon yang berlangsung selama 2~3 menit. "Apo juga menyediakan
dukungan telepon yang meningkatkan layanan bagi pengguna," ujar Jeff
Lin, VP, Innovation & AI Product Division, TPIsoftware.
Pakar
tekfin TPIsoftware juga mendapat pengakuan atas keahliannya dalam bidang AI
setelah membuat kasus penggunaan yang sukses di berbagai industri. Inovasi AI
ini turut memenangkan "Future Commerce Awards 2022" dan "CX Asia
Excellence Awards 2021", serta pengakuan pemerintah sebagai penyedia layanan
AI tersertifikasi, serta vendor prioritas dalam "Co-supply Contract
Procurement".
Sebagai rumah sakit pertama yang memakai layanan pelanggan berbasiskan AI dengan fitur teks dan suara, pemanfaatan SysTalk.Chat oleh CGMH menjadi lompatan besar di industri kesehatan di Taiwan, serta mengubah pengalaman pasien.
Aplikasi AI chatbot dalam sistem layanan kesehatan belum
mencapai skala yang luas seperti sektor jasa keuangan; banyak rumah sakit masih
menyediakan layanan pelanggan dengan metode biasa, dan layanan kesehatan yang
didukung teknologi digital harus hadir untuk meningkatkan aksesibilitas pasien.
"Kami
gembira menggunakan SysTalk.Chat dari TPIsoftware untuk mewujudkan
pengalaman pelanggan yang lebih optimal dan kelancaran komunikasi,"
kata Chia-Hao Lee, Manager, Medical Information
Division, Chang Gung Memorial Hospital.
Ben Yao,
CEO, TPIsoftware, berkata, "TPIsoftware telah mentransformasi layanan
kesehatan dengan AI sehingga industri ini lebih berfokus pada perawatan pasien
dan memaksimalkan efisiensi rumah sakit."
TPIsoftware
adalah penyedia perangkat lunak yang menawarkan perangkat lunak perusahaan
(enterprise software) dan solusi terpadu di pasar domestik dan luar
negeri. TPIsoftware memiliki dua produk utama—enterprise service middleware DigiFusion dan produk yang berbasiskan
kecerdasan buatan (AI) SysTalk.ai. TPIsoftware juga berspesialisasi
dalam bidang Tekfin, InsurTech, dan lain-lain. (Tim Liputan).
Editor : Aan