Local Economic Development Tenun Ikat Sintang, BI Beri Bantuan PSBI Rumah Produksi Dan ATBM

Editor: Redaksi author photo

BI Beri Bantuan PSBI Rumah Produksi Dan ATBM
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (KPw BI Kalimantan Barat) terus berkomitmen berjalan dan melangkah bersama dengan Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat untuk memajukan masyarakat melalui sinergi berbagai program pengembangan masyakarat di Kalimantan Barat termasuk di Kabupaten Sintang. Kamis (12 Januari 2023).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Agus Chusaini mengatakan program pengembangan masyarakat sini kita wujudkan salah satunya melalui peresmian dan penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa Rumah Produksi Tenun Ikat Sintang dan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) kepada Kelompok Wanita Penenun Prakarya yang ada di Desa Umin Jaya, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang.

Program pengembangan tenun ikat Sintang merupakan program Local Economic Development yang telah dimulai sejak tahun 2021 di Kab Sintang melalui program pengembangan secara end to end baik dari sisi peningkatan kualitas produk, penguatan kelembagaan serta literasi dan manajemen keuangan bagi masyarakat Desa Umin Jaya,” ungkap  Agus Chusaini.

Peresmian dihadiri secara langsung oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med.PH serta Sekretaris Daerah Sintang Dra. Yosepha Hasnah M.Si., Ketua Dekranasda Sintang dan perwakilan Dekranasda Kalimantan Barat serta Kepala SKPD Kabupaten ini diharapkan menjadi momentum sinergi Bank Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mengembangkan masyarakat dan mendorong tenun ikat Sintang menjadi produk wastra unggulan Kabupaten Sintang.

Kepala KPw BI Kalimantan Barat, Agus Chusaini dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pengembangan tenun ikat Sintang akan terus didorong untuk menjadi produk wastra unggulan Kabupaten Sintang. Rangkaian program telah dilaksanakan termasuk fashion show dengan menggandeng desainer nasional Wignyo Rahadi dalam berbagai gelaran event yang diselenggarakan di Jakarta. Agus Chusaini juga mengharapkan dan mendorong penggunaan tenun ikat Sintang dapat menjadi salah satu seragam ASN di lingkup jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang ke depan.

dr. H. Jarot Winarno, M. Med.PH Bupati Sintang, yang hadir dalam peresmian menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat atas dukungan dan sinerginya bersama Pemerintah Kabupaten Sintang dalam program pemberdayaan masyarakat yang selama ini terjalin. Semoga kerjasama dan sinergi ini menjadi pondasi yang kokoh dalam sinergi program di masa yang akan datang antara Bank Indonesia dan Pemkab Sintang.

Bupati Sintang berpesan kepada masyarakat dan kelompok penerima untuk terus semangat dalam mengoptimalkan pengembangan tenun ikat Sintang sehingga diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Harapannya masyarakat dapat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan oleh Bank Indonesia seraya menekankan baik  Pemerintah Desa Umin Jaya dan masyarakat untuk merawat dan menjaga bantuan tersebut sehingga dapat bermanfaat secara optimal. (BP).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini