Harga Kebutuhan Pokok Jelang Imlek Dan Cap Go Meh Stabil

Editor: Redaksi author photo

Harga Kebutuhan Pokok Jelang Imlek Dan Cap Go Meh Stabil
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) - Harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, stabil sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam menghadapi hari besar umat Tionghoa. Kamis (19 Januari 2023).

"Ketersediaan dan harga kebutuhan pokok stabil tidak mengalami kenaikan, bahkan ikan laut seperti tongkol dan kembung harganya turun," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kapuas Hulu Kasianus Kintoi.

Disampaikan Kintoi, dalam melakukan pengawas harga kebutuhan pokok di pasaran pihaknya rutin melakukan pengecekan dan melaporkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Menurutnya, menjelang Imlek dan Cap Go Meh tahun ini tidak terlalu berdampak terhadap harga kebutuhan pokok. "Mudah-mudahan hingga Imlek dan Cap Go Meh nanti ketersediaan dan harga masih tetap stabil," katanya.

Disebutkan Kintoi, dari hasil pengecekan dan pengawasan harga berbagai kebutuhan pokok diantaranya yaitu beras rata-rata Rp13.200 hingga Rp13.700 per kilogram, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, tepung terigu Rp15 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp16 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp18 ribu per liter, telur Rp2 ribu per butir.

Sedangkan, daging sapi Rp170 ribu per kilogram, daging ayam Rp50 ribu per kilogram.

Kemudian, kata Kintoi, untuk ikan laut seperti ikan tongkol dari Rp48 ribu menjadi Rp38 ribu per kilogram, mengalami penurunan harga Rp7 ribu, ikan gembung Rp48 ribu turun Rp45 ribu, mengalami penurunan Rp3 ribu.

"Kita selalu mengingatkan para pedagang untuk tidak aji mumpung, menaikkan harga pada momen hari raya," ujarnya.

Dia pun menyampaikan untuk saat ini tidak ada kendala dalam pendistribusian sembako dari Pontianak dan Singkawang masih lancar.
(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini