Tujuh Daerah Di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Senin-Selasa

Editor: Redaksi author photo

Tujuh Daerah Di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Senin-Selasa
KALBARNEWS.CO.ID (BALIKPAPAN) - Sebanyak tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan petir disertai angin kencang berdurasi singkat pada Senin-Selasa (19-20/12), sehingga semua pihak diingatkan waspada terhadap dampak yang bisa ditimbulkan.

"Dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Minggu (18 Desember 2022).

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Tujuh kabupaten/kota yang berpotensi mengalami peristiwa tersebut adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Paser, Berau, dan Kota Bontang.

Rinciannya antara lain di Kota Bontang pada Senin sekitar pukul 23.00 wita, terjadi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara, sedangkan pada Selasa dini hanya hujan ringan.

Di Kabupaten Berau pada Senin sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, Segah, dan Teluk Bayur.

Pada Selasa dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Batu Putih dan Biduk-Biduk, sedangkan kecamatan lainnya hanya hujan ringan.

Kabupaten Kutai Barat pada Senin sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sendawar, Long Iram, Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Kecamatan Tering.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin sekitar pukul 20.00 hujan petir hanya di Kecamatan Tenggarong Seberang, pukul 23.00 wita di Kecamatan Muara Badak, Tabang, dan Kecamatan Marang Kayu.

Di Kabupaten Kutai Timur pada Senin sekitar pukul 14.00 hujan petir di Kecamatan Karangan, Bengalon, Rantau Pulung, sekitar pukul 17.00 di Kecamatan Muara Wahau dan Busang.

"Kemudian sekitar pukul 20.00 dan 23.00 di Kecamatan Karangan, Kongbeng, Bengalon, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, pada Selasa dini hari di Kecamatan Kaliorang, Sandaran, Bengalon, Kaubun, Rantau Pulung, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan," kata Yudha.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini