Presiden Jokowi Tampung Curahan Kekhawatiran Regenerasi Petani

Editor: Redaksi author photo

Presiden Jokowi Tampung Curahan Kekhawatiran Regenerasi Petani
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menampung curahan hati kalangan petani di sela-sela peresmian Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang menyampaikan kekhawatiran tentang regenerasi profesi yang mereka jalani tersebut. Selasa (27 Desember 2022).

Seturut keterangan yang diterima di Jakarta, salah satu petani yang berkesempatan untuk berdialog dengan Presiden Jokowi menyampaikan bahwa mendorong regenerasi petani Indonesia adalah tugas bersama.

Terlebih ia menilai bahwa kebanyakan anak muda saat ini cenderung tertarik untuk bekerja dalam dunia industri ketimbang pertanian.

"Mindset-nya anak muda sekarang lowongan pekerjaan itu lowongan pekerjaan di industri, bukan pertanian," katanya.

Kendati demikian, petani tersebut menuturkan bahwa di daerahnya terdapat perkumpulan anak petani yang tertarik terjun di bidang pertanian, meski prosentasenya cukup rendah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut menyampaikan pula bahwa pihaknya saat ini memiliki program petani milenial demi mendorong generasi muda terlibat dalam sektor pertanian.

Dalam kesempatan yang sama, petani lain juga menyampaikan kekhawatiran akan masa depan sektor pertanian apabila regenerasi petani tak digencarkan mulai dari sekarang.

Petani yang mengaku berusia 29 tahun itu juga mengutarakan kekhawatiran bahwa dirinya akan menjadi generasi terakhir petani.

"Takut anaknya enggak mau jadi petani?" tanya Ridwan Kamil.

"Iya, karena ngelihat yang lainnya gitu, Pak. Jadi ya udah lah kamu jadi apa, jadi apa. Kadang-kadang nanya anak enggak ada yang mau jadi petani kan, Pak. Maunya polisi, gubernur," ujar petani tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi menimpali bahwa anak muda saat ini lebih cenderung terjun dalam budidaya tanaman kebun ketimbang pertanian.

"(Anak muda) senangnya biasanya ke melon, jagung, hidroponik gitu-gitu," kata Presiden.

Selain Gubernur Jabar, turut hadir pula mendampingi Presiden dalam dialog bersama para petani adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini