Noco-Noco Lansir "X-SEPA(TM)", Teknologi "Separator" Yang Revolusioner

Editor: Redaksi author photo

Noco-Noco Lansir "X-SEPA(TM)", Teknologi "Separator" Yang Revolusioner
KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA) - / -- noco-noco Pte. Ltd. ("noco-noco") meluncurkan X-SEPATMseparator inovatif yang ikut meningkatkan kinerja teknologi baterai yang telah tersedia, serta mempercepat laju pengembangan baterai generasi baru. X-SEPATM memiliki susunan pori-pori tiga dimensi dengan struktur multilapisan, menawarkan kombinasi optimal dari kekuatan membran, porositas tinggi, serta kinerja baterai yang lebih baik. Dengan demikian, noco-noco kini mengatasi tantangan produksi massal, serta mulai mengirim sampel X-SEPATM pada Januari 2023. Jumat (23 Desember 2022)


Menciptakan pasar baru

X-SEPATM adalah platform teknologi yang melampaui konsep separator biasa dan menyediakan nilai tambah baru pada baterai. Induk usaha noco-noco, 3DOM Alliance Inc. ("3DOM Alliance"), mengembangkan X-SEPATM lewat proses penelitian dan pengembangan selama delapan tahun demi mengatasi isu lingkungan hidup. Komponen separator memiliki fitur terpenting pada baterai—komponen yang mengisolasi anode dan katode, menjaga elektrolit, serta menjamin konduktivitas ion antara elektroda. Komponen separator 3DOM Alliance yang terdiri atas satu lapisan memiliki porositas yang lebih baik, serta struktur pori-pori labirin yang seragam sehingga menekan pembentukan dendrit. Namun, porositas yang kian tinggi mengurangi kekuatan separator


Maka, demi mencapai tingkat kekuatan yang lebih besar, pembatasan dendrit, serta porositas yang lebih tinggi, X-SEPATM dengan multilapisan pun hadir. X-SEPATM berhasil menyeimbangkan kinerja lapisan terluar dengan porositas dan kekuatan yang lebih baik pada lapisan tengah yang memiliki porositas lebih rendah. Performa ini terwujud dari proyek yang didanai New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO).


Komponen multilapisan dari 3DOM Alliance yang patennya tengah diajukan ini memiliki struktur macroporous dalam tiga dimensi sehingga memperpanjang usia pakai baterai, menawarkan tingkat keandalan yang lebih baik (menurunkan insiden kecelakaan, dan lain-lain), serta angka discharge yang lebih besar. Baterai yang dilengkapi X-SEPATM juga memiliki resistansi panas terbaik, dan ideal untuk aplikasi yang membutuhkan daya tinggi, seperti lepas landas dan pendaratan alat mobilitas udara. Kebanyakan baterai konvensional tidak mampu bertahan dari suhu panas dan terlalu cepat rusak di wilayah tropis dan lembap. Berkat struktur dan material uniknya sehingga kompatibel dengan komponen lain yang tahan terhadap suhu, X-SEPATM sangat tepat digunakan di wilayah bersuhu panas yang membutuhkan elektrifikasi dengan perkembangan pesat dan skala luas.


Meningkatkan transformasi digital (digital transformation/DX) dalam pengembangan dan produksi baterai—pemodelan yang sangat akurat mempercepat litbang baterai generasi baru

Setelah permintaan kendaraan listrik (EV) melonjak, kinerja baterai harus ditingkatkan secara fundamental. Insiden baterai menghambat penyebaran EV di seluruh dunia; penarikan produk (recall) juga membebani produsen otomotif, serta proses pembuangan produk (disposal) dan baterai dapat menimbulkan pencemaran tanah yang sangat serius. Struktur unik X-SEPATM mencegah penyebab utama korsleting, dan materialnya yang sangat tahan panas mengurangi insiden dan kerusakan baterai. Lebih lagi, X-SEPATM menghasilkan kinerja bermuatan tinggi yang terbaik untuk baterai, serta keandalan dalam beragam kondisi abnormal akibat resistansi suhu optimal dari material polyimide.


X-SEPATM akan mengusung pengembangan baterai menuju babak baru. Di sisi lain, X-SEPATM melebihi peran separator yang biasa untuk mengisolasi anode dan katode—mengubah kinerja baterai dan memfasilitasi pengembangan baterai kinerja tinggi. 


Berbeda dari separator konvensional dengan pori-pori yang tidak teratur, X-SEPATM memiliki struktur pori-pori yang rapat sehingga menghadirkan simulasi lewat model yang sangat akurat, desain struktural separator yang fleksibel, dan optimasi beragam parameter. Hasilnya, X-SEPATM dapat beradaptasi dengan setiap jenis baterai. Kualitas "computable" juga penting agar informasi yang diperoleh dari laboratorium atau pasar dapat dimanfaatkan untuk pengembangan lanjutan. Maka, hal tersebut sangat berpotensi mempercepat proses pengembangan dan secara drastis meningkatkan terobosan teknologi. Lewat cara ini, X-SEPATM akan mentransformasi lokasi "analog" pengembangan dan produksi baterai supaya sesuai untuk era DX.

Ingin memperkenalkan X-SEPATM untuk seluruh produk baterai di seluruh dunia dalam lima tahun ke depan

X-SEPATM memperpanjang siklus pemakaian baterai hingga dua kali lipat bahkan lebih. Maka, baterai dapat digunakan beberapa kali selama masa pakainya—setelah menjalani masa pakai yang pertama pada EV, baterai dapat digunakan kembali dalam fase kedua pada energy storage system (ESS), misalnya. Hal ini tak hanya bersifat ramah lingkungan, namun juga memangkas biaya per siklus pengisian daya ulang. Masa pakai baterai yang semakin lama berkat X-SEPATM turut meminimalkan dampak lingkungan hidup dari setiap baterai, dan membuka peluang baru untuk penggunaan sirkular.


Penyedia solusi dekarbonisasi noco-noco ingin mereposisikan baterai dengan masa pakai yang awet sebagai infrastruktur sosial. Masa pakai baterai yang pertama dan kedua, serta daur ulang, berperan besar dalam pelestarian alam. Meski elektrifikasi mengalami kemajuan di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, proses produksi baterai menguras sumber daya bumi dan menimbulkan CO2 dalam jumlah besar. Sementara, baterai yang sudah tidak digunakan lagi mengakibatkan pencemaran di tempat pembuangan. Untuk itu, noco-noco sangat menentang model bisnis yang memanfaatkan lonjakan permintaan EV lewat produksi massal dan penjualan produk dengan masa pakai pendek.


Sebaliknya, misi noco-noco adalah mengurangi emisi CO2 dan mencegah polusi dengan memprioritaskan pemanfaatan energi secara efisien, serta memaksimalkan penggunaan baterai dengan masa pakai panjang dalam jumlah minimum. noco-noco bertekad membatasi kecelakaan yang berhubungan dengan baterai, menyediakan baterai yang lebih terjangkau, serta infrastruktur sosial yang aman digunakan setiap orang.


Berlomba dengan waktu sebelum suhu bumi meningkat 1,5 derajat Celcius dan tidak dapat diputarbalikkan lagi, noco-noco harus memperkenalkan X-SEPATM untuk seluruh baterai di seluruh dunia dalam waktu lima tahun ke depan, sebelum semuanya terlambat untuk melestarikan alam. Maka, noco-noco akan menghadirkan teknologi X-SEPATM secara luas bagi seluruh produsen baterai, serta membeli baterai yang dilengkapi X-SEPATM untuk dipakai di berbagai produk (EV, ESS, dan lain-lain) yang akan tersedia lewat layanan penyewaan dengan prinsip netralitas karbon dari noco-noco. X-SEPATM akan menyediakan baterai dengan masa pakai yang lebih awet hingga dua kali lipat atau lebih untuk masa pakai pertama dan kedua. 


Tujuannya, jumlah kebutuhan baterai akan berkurang sebesar 75% atau lebih. noco-noco akan mencari sejumlah mitra yang mengutamakan masa pakai produk dan berupaya menciptakan mekanisme yang mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan.



Noco-noco ingin mengatasi isu lingkungan hidup secara tuntas, serta mewujudkan masa depan tanpa CO2 ("noc-CO2") dengan teknologi pintar dan tekad kuat. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini