Kesehatan Warga Dengan Keterbelakangan Mental Jadi Proritas

Editor: Redaksi author photo

Kesehatan Warga Dengan Keterbelakangan Mental Jadi Proritas
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Bhabinkamtibmas Polsek Kuala Mandor B Jajaran Polres Kubu Raya mengawal tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Kuala Mandor B untuk pengecekan kesehatan terhadap 3 (Tiga) orang warga di Dusun Karya Indah Desa Padi Jaya Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya. Sabtu (31 Desember 2022).

Diketahui salah satu warga tersebut bernama Samadi (39), ia tinggal sendirian dirumahnya dan mengalami sakit keterbelakangan mental akibat pernah jatuh dari bangunan lantai tiga sehingga sering mengalami keluhan sakit pada kepala dan leher. Samadi pun sering berteriak dan marah marah namun masih bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Kapolsek Kuala Mandor B Iptu Agus Suryana melalui Bhabinkamtibmas Polsek Kuala Mandor B Aipda Jaka mengatakan, Samadi dirawat oleh keluarganya namun di rumahya sendiri dan jika terjadi sesuatu hal biasanya menghubungi saya.

"Untuk Harianto (52) tinggal bersama ibunya, ia sering berhalusinasi dan berteriak dan pernah mendapatkan perawatan oleh Dokter Kejiwaan, namun masih bisa berkomunikasi dua arah dengan orang lain," tuturnya

Selanjutnya, Yunus (27) tinggal bersama orang tuanya, sering menutup diri, pernah dirawat di RS Jiwa Singkawang selama 4 bulan dan masih bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Ketiga warga di desa binaanya ini mendapatkan pelayanaan kesehatan oleh Puskermas Kula Mandor B dr. Yuda yang didampingi Kepala Puskesmas Kuala Mandor B Mustain Hamzah, S.KM dan Amir Staf Kecamatan Kuala Mandor B.

"Ketiga warga binaan saya ini mendapatkan pelayanan kesehatan dana beberapa obat multi vitamin dan obat untuk gangguan jiwa yang telah disediakan Puskesmas Kuala Mandor B," sambung Jaka

Pemeriksaan tersebut langsung dilakukan dirumah ketiga warga yang sakit hal ini sebagai bentuk Polri Bersama Steakholder terkait melakukan pelayanan terhadap masyarakat dan sebagai bentuk sinergitas dan kemitraan.

Sebelum melakukan pelayanan kesehatan kami dari Polsek Kuala Mandor B sudah melakukan koordinasi dan berkomunikasi dengan pihak puskesmas maupun pihak Kecamatan terhadap perkembangan kejiwaan warga tersebut, guna mengantisipasi kerawanan yang mungkin timbul dan hal ini demi terpeliharanya kamtibmas di wilayah Hukum Polsek Kuala Mandor B. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini