IDI Bersinergi Dorong Fk Untan Bangun Jurusan Dokter Spesialis

Editor: Redaksi author photo

IDI Bersinergi Dorong Fk Untan Bangun Jurusan Dokter Spesialis
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Kalimantan Barat dr. Rifka MM mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk mendorong Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak segera membangun jurusan Program Spesialis 2 Ilmu Penyakit Dalam (SP2) di Fakultas Kedokteran (FK). Sabtu (10 Desember 2022).

"Kita sudah ada tenaganya untuk SP2 ini dan sudah siap untuk pembelajaran pada SP2 di Untan. Jadi dari Universitas Indonesia (UI) akan mengirim calon dokter spesialis untuk tenaga SP2 nanti," kata Rifka saat mengikuti kegiatan pelantikan pengurus IDI Kalbar.

Rifka yang baru saja dilantik sebagai Ketua IDI Kalbar untuk yang kedua kalinya ini mengatakan bahwa IDI akan selalu siap bersinergi dengan Pemprov Kalbar terkait program kerja apa saja yang ada.

"Kami siap untuk bersinergi dengan Pemprov Kalbar, misalnya dalam menurunkan angka kematian ibu atau kematian bayi, stunting, TBC dan lain sebagainya. Dalam organisasi profesi ini kita ikut berperan dalam peningkatan program-program tersebut," katanya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa terjadi penumpukan dokter di Pontianak, sehingga penyebaran dari 2.171 dokter di Kalbar ke daerah-daerah tidak merata.

"Penumpukan itu paling banyak di Pontianak, ada tujuh ratusan dari dua ribuan, sedangkan di daerah lain itu paling ada seratusan, paling kecil ada 88 dokter saja. Sehingga, solusinya IDI akan mendorong alumni Untan ke daerah-daerah untuk mengisi kekosongan di sana," tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa di rumah sakit itu minimal ada empat dasar, yaitu penyakit dalam, kandungan, dan bedah serta tambahannya harus ada anestesi, radiologi, dan patologi klinik. Sedangkan di Kabupaten Kapuas Hulu masih sangat kekurangan dokter spesialis bagian anestesi.

"Nah, di Kapuas Hulu itu tidak ada dokter spesialis anestesi, sehingga kalau mau operasi jadi susah, tidak ada pendampingan. Ini perlunya penyebaran untuk dokter spesialis terutama anestesi," kata Rifka.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan mengatakan bahwa pentingkan sinergi dan kekompakan Pemprov Kalbar dan IDI dalam memaksimalkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Kalbar.

"Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kalbar, kita berharap IDI dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kalbar," kata Ria Norsan. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini