DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan Saat Malam Tahun Baru

Editor: Redaksi author photo

DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan Saat Malam Tahun Baru
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta berencana mengerahkan sebanyak 3.180 petugas kebersihan saat perayaan malam tahun baru pada puluhan titik keramaian di Ibu Kota.

"Minggu (1/1) subuh seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan," kata Kepala DLH DKI Asep Kuswanto di Jakarta, Senin (26 Desember 2022).

Petugas Jasa Perorangan Lainnya (PJLP) itu terdiri dari sopir truk sampah dan regu pungut sampah.

Pihaknya juga mengerahkan petugas tambahan dari Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air untuk membantu kebersihan dan bekerja sama dengan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan di wilayah masing-masing.

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 05.00 WIB seluruh sampah sudah tertangani.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Sabtu (31/12) sore, seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah akan menggelar apel untuk mengecek kesiapan petugas," kata Asep.

Penanganan sampah pada malam tahun baru akan diselenggarakan di 21 lokasi pada lima wilayah kota administrasi.

Pihaknya mengerahkan 600 petugas khusus saat puncak acara perayaan malam tahun baru dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), lengkap dengan saranan dan prasarana berupa empat unit angkutan sampah, 10 bus toilet dan empat unit mobil penyapu otomatis.

Asep menambahkan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

Tidak hanya di acara puncak di TMII, di sepanjang Jalam MH Thamrin dan setiap kota maupun ruang publik di Jakarta juga menggelar perayaan baik acara hiburan, malam bebas kendaraan atau doa bersama.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta untuk memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan kendaraan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis 24 unit, 17 bus toilet, serta menyebar ratusan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.

Selain itu, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini