BKKBN Kerja Sama Perguruan Tinggi Se-Sulsel Turunkan Stunting

Editor: Redaksi author photo

BKKBN Kerja Sama Perguruan Tinggi Se-Sulsel Turunkan Stunting
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASSAR) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional bekerja sama dengan perguruan tinggi se-Sulawesi Selatan untuk mendorong percepatan penurunan stunting. Kamis (8 Desember 2022).

"Kami telah melakukan rapat koordinasi teknis dengan perguruan tinggi se-Sulawesi Selatan untuk penguatan kolaborasi program penurunan stunting," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan, Andi Ritamariani.

Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan komitmen dan peran serta perguruan tinggi dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Menurut dia, Pemerintah telah menetapkan stunting sebagai program prioritas nasional. Komitmen ini diwujudkan dengan masuknya stunting ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN 2020-2024.

Khusus untuk Sulsel, target penurunan cukup signifikan dari angka 27,6 persen pada 2019 ditargetkan menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Lebih jauh dijelaskan, kasus stunting di lapangan diperlukan upaya-upaya nyata yang memberikan dampak terhadap penurunan stunting. Karena itu, para mitra kerja lintas sektor diharapkan dapat bersinergi, salah satunya adalah perguruan tinggi.

"Dalam merumuskan kebijakan Percepatan Penurunan Stunting (PPS) dibutuhkan dukungan dan kolaborasi akademisi dari perguruan tinggi melalui kajian penelitian maupun studi kasus," jelas Andi Rita.

Melalui kerja sama dengan perguruan tinggi ini diharapkan mendapatkan masukan dari akademisi melalui kajian-kajian kependudukan dan seperti apa teknis pelaksanaannya bisa didiskusikan bersama.

Sebagai bukti kerja sama tersebut, maka dilakukan penandatanganan MOU, termasuk melakukan kajian prioritas yakni stunting, KKN Tematik dan Program Kampus Merdeka.

Dalam kegiatan ini menghadirkan 34 perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan BKKBN Sulsel melalui MoU dalam optimalisasi penyelenggaraan Program Bangga Kencana lewat diimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Program KKN Tematik dan Mahasiswa Peduli Stunting pada Program Kampus Merdeka.

Pada kesempatan tersebut turut hadir sebagai narasumber Prof Sumbangan Baja dengan Materi Kolaborasi Perguruan Tinggi dalam Percepatan Penurunan Stunting dan Prof Veni Hadju mengusung materi Peningkatan Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Percepatan Penurunan Stunting.
(Tim Liputan)

Editor : Aan
 

Share:
Komentar

Berita Terkini