Penurunan Stunting, Pemkab Sintang Gelar Lokakarya Dengan Stakeholder Dan USAID ERAT

Editor: Redaksi author photo
Penurunan Stunting, Pemkab Sintang Gelar Lokakarya Dengan Stakeholder Dan USAID ERAT
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
 - Pemerintah Kabupaten Sintang bekerjasama denga USAID ERAT menggelar lokakarya pemetaan potensi kolaborasi multi stakeholder dalam percepatan penurunan stunting Kabupaten Sintang selama dua hari mulai 29 hingga 30 November 2022 bertempat di Hotel My Home, Sintang. Kegiatan lokakarya yang diselenggarakan ini berfokus pada diskusi identifikasi dan pemetaan masalah atau kendala pelaksaan penurunan stunting di Kabupaten Sintang. Rabu (30 November 2022). 

Kepala Bappeda Kabupaten Sintang, Kartiyus, mengungkapkan, lokakarya yang dilaksanakan selama dua hari ini bertujuan memaksimalkan koordinasi lintas sektor dan multi stakeholder, sehingga proses percepatan upaya penurunan stunting di Kabupaten Sintang berjalan dengan lebih cepat. “melalui lokakarya ini, maka harus lebih maksimal mempercepat penurunan angka stunting kita,” ujar Kartiyus

Selain itu, Maryadi Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang juga menegaskan pentingnya komunikasi dari setiap stakeholder untuk bersama-sama mengoptimalkan peran masing-masing sesuai dengan indikator rencana aksi. 

“Setiap indikator yang ada pada rencana aksi nasional memiliki leading sektor masing-masing dari setiap OPD yang bertanggungjawab, jadi harus kita optimalkan. Meskipun itu leading sektor dari satu OPD, tidak menutup kemungkinan juga bahwa indikator tersebut memerlukan kolaborasi dari OPD lain sehingga harus saling berkomunikasi,” tegas Maryadi.

Melalui kegiatan lokakarya ini diharapkan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sintang ini dapat mengidentifikasi dan memetakan masalah atau kendala sebagai bahan penyusunan rencana tindak lanjut bersama sebagai bagian intervensi pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sintang

Sementara itu, Juwita selaku Fasilitator dari Bangda Kemendagri memaparkan bahwa program USAID ERAT ini adalah program kerjasama Indonesia dengan Amerika dalam mendukung tatakelola Pemerintahan Indonesia, salah satunya dalam mendukung upaya percepatan penurunan angka stunting.

 “Untuk mempercepat penurunan angka stunting, kita perlu berkolaborasi, bekerjasama, memetakan masalah bersama-sama agar kita tahu kendala kita selama ini sehingga selanjutnya bisa menjadi bahan rencana tindak lanjut, jelas Juwita. (Tim Liputan)

Editor : Aan



Share:
Komentar

Berita Terkini