KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Untuk
berbagi keseruan turnamen sepak bola dengan para penggemar, Nimo TV, bisnis
internasional Huya, meluncurkan beberapa event interaktif baru selama acara
pertandingan sepak bola kelas dunia yang diselenggarakan di Qatar, yang
meliputi Football Night, Football Girl Competition dan
kompetisi interaktif game sepak bola dengan seluruh informasi pertandingan yang
update, prediksi pra-pertandingan dan interaksi dengan penonton. Kamis (24 November 2022). Nimo TV Meluncurkan Program Bertema Pertandingan Sepak Bola Kelas Dunia
Peluncuran
program bertema ini, termasuk aktivitas yang disebutkan di atas, dipandang
sebagai jalur pertumbuhan baru untuk Nimo TV, dan diharapkan dapat memberikan
"kesempatan" untuk platform live streaming terkemuka. Selain
memperluas kehadirannya di pasar game live streaming, Nimo TV juga berencana
untuk mendiversifikasi konten platform yang lebih berfokus pada
pan-entertainment, dan mempercepat pertumbuhannya di Asia
Tenggara dan kawasan MENA, dengan tujuan untuk memberikan lebih banyak
kepada konsumen pengalaman interaktif yang imersif dan terlokalisasi.
Nimo
TV Meluncurkan Event Bertemakan Pertandingan Sepak Bola Kelas Dunia
Nimo TV
telah meluncurkan beberapa program hiburan baru dan kompetisi pertandingan
sepak bola dengan maksud untuk membangkitkan semangat para penggemar,
termasuk Football Night, di mana penyiar populer akan diundang
untuk membahas topik hangat tentang acara Qatar secara online,
berpartisipasi dalam kuis pengetahuan sepak bola dan menawarkan prediksi mereka
tentang hasil pertandingan. Program ini akan disiarkan
di Vietnam setiap hari Jumat, Indonesia setiap Rabu dan
kawasan MENA setiap hari.
Terkait program Football Girl Competition, para
penyiar di platform tersebut akan bersaing memperebutkan gelar "Football
Girl". Selain itu, di Vietnam, kontes ini juga terbuka untuk
umum, di mana para peserta bersaing memperebutkan gelar "Football
Girl" melalui kombinasi kompetisi bakat dan pemungutan suara oleh
penggemar. Pemenang Football Girl akan memiliki kesempatan
untuk menjadi pembawa acara di Nimo TV.
Dalam
acara "Couples Battle", top streamer game Nimo TV akan
terhubung dengan streamer entertainment selama kompetisi sepak bola dan
bersorak untuk tim yang mereka dukung. Selain itu, platform ini akan
menyelenggarakan acara e-sports sepak bola di Indonesia, di mana para
pemain e-sports profesional papan atas akan berinteraksi dengan penggemar sepak
bola dan berbagi pengalaman serta opini mereka tentang e-sports.
Saat
bergabung dalam diskusi dan kuis, penggemar dapat mengirimkan hadiah efek
khusus bertema piala sepak bola. Mereka juga dapat menulis postingan dan
berdiskusi tentang acara Qatar, berinteraksi dengan penggemar lainnya dan
memenangkan hadiah di komunitas Nimo TV.
Berakar
Jauh di Pasar Berkembang, Nimo TV Berkembang Lebih Jauh ke Genre
Pan-Entertainment
Dapat
dilihat bahwa selain konten live streaming game, Nimo TV baru-baru ini
memperluas genre konten di platformnya menjadi pan-entertainment juga.
Sementara itu, setelah Huya mengumumkan hasil keuangan kuartal ketiga 2022,
manajemen Huya mengatakan pada panggilan konferensi bahwa mulai bulan April, Huya
secara strategis menyesuaikan bisnis internasional untuk mengalokasikan sumber
daya ke area-area utama. Li Meng, Wakil Presiden Senior Huya, mengatakan
bahwa "Kami akan terus memajukan bisnis internasional kami, dan
mengalokasikan sumber daya yang menguntungkan ke
pasar Vietnam, Indonesia dan MENA. Selain konten game live
streaming, kami juga akan memberi pengguna lebih banyak konten
pan-entertainment."
Sebuah
laporan baru-baru ini oleh firma intelijen seluler Sensor Tower* menunjukkan
bahwa pendapatan dari aplikasi streaming langsung seluler global telah
mengalami pertumbuhan yang mengesankan sejak tahun 2020, dengan tingkat
pertumbuhan gabungan tahunan masing-masing mencapai 92,2% dan 21,2% pada tahun
2020 dan 2021, menghasilkan pendapatan lebih banyak dari $2 miliar
pada tahun 2021. Untuk paruh pertama tahun 2022, Arab Saudi dan Turki di
kawasan Timur Tengah masing-masing menempati peringkat ketiga dan keempat,
dalam hal pendapatan yang dihasilkan dari aplikasi streaming langsung global.
Selama periode yang sama, sehubungan dengan penginstalan aplikasi live
streaming global, tiga negara Asia Tenggara termasuk Indonesia,
Filipina dan Vietnam termasuk di antara 10 negara teratas secara
global dengan unduhan aplikasi live streaming terbesar.
Dipercaya
secara luas bahwa pertumbuhan pesat pasar pan-entertainment di MENA
dan Asia Tenggara didorong oleh pesatnya pertumbuhan sektor digital,
peningkatan infrastruktur jaringan, peningkatan adopsi smartphone, pertumbuhan
basis pengguna dan kemauan membayar yang lebih tinggi di antara daerah.
Menghadapi
peluang baru di bidang pan-entertainment, Nimo TV merangkul tren pasar dengan
menyesuaikan fokus bisnisnya. Mengambil pasar penting Vietnam sebagai
contoh, daripada hanya mengembangkan konten streaming langsung game, operasi
inti platform di negara tersebut telah beralih ke pengembangan mesin ganda
streaming langsung game dan konten pan-entertainment, yang berarti meningkatkan
proporsi konten kategori streaming langsung hiburan dan rekreasi yang mencakup
olahraga, permainan papan, karaoke, anime, tantangan perjalanan dan lainnya.
Amie Lam,
kepala Nimo TV Vietnam mengatakan, "Kami menantikan lebih banyak pembuat
konten luar biasa yang bergabung dengan keluarga Nimo TV, dengan masing-masing
memberikan kontribusi pada platform dengan cara mereka sendiri yang unik. Kami
juga akan memperkuat kemitraan dengan penerbit game serta merek global dan
lokal, untuk menyelenggarakan acara online & offline dari waktu ke waktu.
Selain itu, kami berencana untuk meningkatkan interaksi lintas sektor untuk
mendorong pertukaran budaya dan pembangunan ekonomi."
Di
Indonesia, Nimo TV mengundang host live streaming multi talenta untuk kategori
live show, serta permainan catur dan papan. Penawaran platform di negara ini
termasuk streaming langsung di luar ruangan, jejaring sosial, just chatting,
dan voice room. Selain meningkatkan pengalaman pengguna, Nimo TV juga bertujuan
untuk menjadi merek live streaming pan-entertainment terkemuka
di Indonesia.
Di pasar
MENA dengan keterlibatan pengguna yang tinggi, platform ini telah
terkonsentrasi pada konten budaya Arab berbasis bahasa Arab. Dan berdasarkan
konten berbahasa Arab, Nimo TV berencana untuk menciptakan ekosistem yang
berfokus pada negara-negara Teluk untuk mempromosikan budaya Arab di platformnya.
Di masa
mendatang, Nimo TV akan lebih mengeksplorasi preferensi pengguna, mempromosikan
lebih banyak aktivitas lokal untuk menghadirkan pengalaman yang lebih beragam
bagi pengguna. Untuk pembuat konten, Nimo TV akan meluncurkan lebih banyak
kebijakan insentif dan menginspirasi mereka untuk membuka potensi dan
menghadirkan konten yang lebih menarik. Dengan upaya ini, Nimo TV bermaksud
untuk menjadi platform streaming langsung terkemuka dengan cakupan konten
pan-entertainment dan game yang komprehensif.
Nimo TV
adalah platform streaming langsung global terkemuka yang dioperasikan oleh HUYA
Inc. yang memungkinkan jutaan pengguna dari seluruh dunia untuk menyiarkan
konten game dan pan-entertainment. Nimo TV juga merupakan komunitas pemain,
pemain game, streamer dan penggemar yang mendorong percakapan, mempromosikan
aktivitas interaktif dan membina hubungan yang sehat dan positif. (Tim liputan).
Editor : Aan