Lomba Sumpit Meriahkan Gawai Adat Balapas Banua Di Kendawangan

Editor: Redaksi author photo

Camat Kendawangan Eldiyanto saat  mencoba ikut menyumpit dalam acara gawai adat Bapalas Banua
KALBARNEWS.CO.ID. (KENDAWANGAN) - Sumpit adalah salah satu senjata khas suku Dayak yang tidak pernah lepas keberadaannya saat di setiap momen gawai adat, bahkan menyumpit sering dijadikan ajang lomba untuk mencari figur yang lihai memainkan sumpit tepat sasaran.

Selain lomba sumpit, lomba lain juga seperti lomba tarian kreasi dayak, lomba nyanyian solo dayak serta lomba pemukulan kulinang dayak ikut pula memeriahkan momen acara gawai Dayak Bapalas Banua Kecamatan Kendawangan tahun 2022.

Setelah semua rangkaian kegiatan gawai adat dayak Bapalas Banua selesai kini tiba acara penutupan yang dilaksanakan pada Sabtu malam (26 November 2022).

Acara penutupan gawai adat Bapalas Banua ditutup oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Daerah Kabupaten Ketapang Drs.H.Jahilin, M.Pd atas nama Bupati Ketapang, dalam sambutannya Jahilin mengatakan bahwa bapak Bupati berhalangan hadir disebabkan ada tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan.

"Kegiatan gawai adat ini  supaya tetap dijaga kelestariannya dan bukan sekedar hura hura tetapi kita harus mampu memaknai arti gawai Bapalas Banua itu sendiri dengan tidak lupa bersyukur kepada Sang Pencipta semesta alam, ditambahkannya kegiatan ini harus mampu pula meningkatkan pemahaman tentang beragama. Jahilin juga berharap untuk penyelenggaraan selanjutnya agar panitia memikirkan gawai adat bisa dilaksanakan di desa lain dengan tujuan menggali adat istiadat yang telah lama terpendam dan belum pernah dilakukan pada acara gawai adat sebelumnya," harapannya.

Sementara itu Camat Kendawangan Eldiyanto S.Sos, M.M, dalam sambutannya juga mengatakan atas nama Pemerintah Kecamatan Kendawangan memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan juga kepada pihak-pihak yang mendukung acara gawai adat dayak Bapalas Banua ini seperti Kades Mekar Utama, Kades Banjarsari, para DAD Desa dan Demong adat Se Kecamatan Kendawangan serta masyarakat Kendawangan yang telah banyak memberikan dukungan atas suksesnya penyelenggaraan gawai adat Bapalas Banua Kecamatan Kendawangan tahun 2022 ini.(Efyus)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini