Kemenko PMK Tekankan Pentingnya Kompetensi Digital Bagi Guru

Editor: Redaksi author photo

Kemenko PMK Tekankan Pentingnya Kompetensi Digital Bagi Guru
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menekankan pentingnya peningkatan kompetensi digital bagi guru guna mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan di era digital. Kamis (24 November 2022).

"Guru harus terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi digitalnya," kata Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Aris Darmansyah Edisaputra.

Aris juga mengatakan bahwa hal itu sejalan dengan Tema Hari Guru Nasional 2022 yakni "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".


"Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November diharapkan akan menjadi momentum untuk terus meningkatkan kompetensi digital guna mendukung sistem pembelajaran yang terus berkembang," katanya.


Menurut Aris, dengan penguatan kompetensi digital maka guru diharapkan akan makin menguasai berbagai macam perangkat teknologi.

"Dengan demikian maka guru akan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai kebutuhan dan dapat mencari bahan ajar dari berbagai sumber," katanya.


Aris juga mengatakan bahwa era teknologi digital yang berkembang pesat menjadi tantangan di bidang pendidikan yang perlu menjadi perhatian utama.


"Perkembangan teknologi yang begitu masif mengingatkan pentingnya bersikap adaptif, kreatif dan inovatif melalui peningkatan kompetensi digital guna makin mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan," katanya.


Menurutnya, di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini pembentukan karakter siswa bisa saja dipengaruhi oleh konstruksi sosial yang dibangun melalui media massa dan media sosial.

"Dengan demikian perlu menjadi perhatian bersama bahwa hal ini menjadi tantangan pendidikan di era digital, bagaimana guru dan juga keluarga dapat tetap memiliki pengaruh utama yang signifikan dalam membangun dan membentuk karakter siswa," katanya


Dia juga menambahkan bahwa guru memiliki yang sangat penting dalam sektor pendidikan karena kualitas pendidikan bisa ditentukan oleh standar kualitas tenaga pengajar.

"Karena itu peringatan Hari Guru Nasional diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus meningkatkan peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air," katanya. (tim liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini