![]() |
| Docquity Digitalisasikan "Patient Affordability Program" Di Filipina |
Mendukung inisiatif pemerintah Filipina dalam mempromosikan kesehatan universal. Docquity sebagai komunitas terbesar dan terpercaya di Asia Tenggara yang beranggotakan tenaga kesehatan, berinovasi dan mendigitalisasi Patient Affordability Programs (PAP) di negara tersebut. Tujuannya, membantu dokter memastikan hasil pengobatan yang lebih baik bagi pasien kanker, khususnya pasien yang membutuhkan bantuan keuangan.
Docquity PAP
menyediakan fasilitas konsultasi jarak jauh terpercaya bagi dokter guna
meningkatkan pengelolaan pasien dan layanan rawat jalan, mempermudah
pendaftaran pasien di jaringan apotek untuk mengakses obat-obatan yang
terjangkau terlepas dari lokasinya, serta membantu perusahaan farmasi yang
menjadi mitranya untuk mendigitalisasi dan memperingkas kegiatan operasional
secara aman.
Sejak
diuji coba tahun lalu, Docquity PAP telah memfasilitasi lebih dari 350 dokter
di 150 rumah sakit untuk membantu lebih dari 1.000 pasien kanker memperoleh
obat-obatan yang dibutuhkan dengan harga terjangkau. Program ini telah
menghemat biaya lebih dari IDR1,5 milyar bagi pasien.
"Docquity PAP merupakan salah satu program yang saling
memberikan keuntungan, serta sejalan dengan visi kami untuk menghubungkan
dokter demi membangun kehidupan yang lebih sehat di seluruh dunia dengan skala
luas. Uji coba Docquity PAP terbukti menjadi contoh yang luar biasa bagi
Filipina, dan berpotensi juga memberikan manfaat bagi negara lain dan bidang pengobatan
lainnya," ujar Amit Vithal, Salah Satu Pendiri dan Chief
Growth Officer, Docquity
"Targetnya lainnya adalah —mempermudah dokter merawat pasien, membantu pasien mengatasi tingginya biaya pengobatan dan perawatan, mengatasi kendala aksesibilitas di pedesaan, serta menghemat biaya operasional agar mitra kami mampu memperluas manfaat yang diberikan untuk pasien.
Platform
dan teknologi tunggal dan digital kami menjadi bagian dari pengalaman yang
lebih baik ini, serta dampak positif yang dirasakan pasien sangat nyata."
Membantu dokter agar bekerja lebih efisien dan efektif
Docquity PAP membantu dokter menyediakan konsultasi jarak jauh dengan pasien lewat Docquity Clinic, platform manajemen pasien terpadu yang berbasiskan komputasi awan, dan dapat diakses dari perangkat mana pun yang tersambung dengan internet, dapat memilih dan mendaftarkan pasien yang memerlukan bantuan keuangan, menerbitkan resep elektronik (e-prescription), serta menindaklanjuti tahap perawatan. Tim khusus Docquity Care menyediakan layanan langsung bagi seluruh peserta yang terlibat dalam proses, mulai dari onboarding hingga peresepan obat dan memastikan agar pasien menjalani pengobatan.
Sesuai dengan regulasi industri, Docquity memastikan setiap
interaksi dengan pasien tercatat dan terpantau, serta memenuhi kebutuhan mitra
untuk sistem pelaporan jika ada kondisi yang memburuk.
Memperluas akses obat-obatan yang lebih terjangkau
PAP yang masih berbasiskan penggunaan dokumen kertas membatasi
pendaftaran pasien hanya pada satu jaringan apotek untuk memperoleh resep obat
dengan harga diskon. Pasien yang memerlukan akses ke jaringan apotek lain harus
melakukan pendaftaran silang (cross-enroll). Maka, Docquity PAP
memberikan fleksibilitas dan skalabilitas dalam memperluas jaringan apotek,
membantu pasien mengakses berbagai cabang apotek di lokasinya masing-masing, serta
memperoleh obat-obatan dari unit yang memiliki ketersediaan produk.
Docquity menghadirkan keterjangkauan, menawarkan platform
konsultasi jarak jauh, menyediakan logistik untuk obat-obatan secara lebih
mudah, serta memberikan dukungan tambahan bagi pasien. Docquity juga melibatkan
pasien lewat SMS, panggilan telepon, surel, dan chatbot guna
menjamin mereka tetap melanjutkan pengobatan. Pasien yang belum bergabung dalam
program Docquity dapat meminta dokter mendaftarkan mereka agar memperoleh
manfaat tersebut.
Melindungi dan mempermudah patient affordability program
Docquity PAP membantu mitra dari perusahaan farmasi dalam
menghemat biaya operasional, memproses rekam medis, dan permintaan secara lebih
efisien dan akurat, meningkatkan pengumpulan analisis, serta memperkuat
prosedur verifikasi dengan berbagai pengecekan, dan validasi one-time password
(OTP). Dengan demikian, Docquity PAP menjamin keamanan sistem dan mengurangi
potensi kekeliruan, serta tindak penipuan yang biasanya timbul dalam proses kerja
yang masih menggunakan dokumen kertas, ketergantungan pada satu sistem
penyimpanan data ketika mengendalikan pelaksanaan program, keterbatasan
perekaman data untuk jumlah obat yang diresepkan dan dibagikan, serta kondisi
memburuk yang tidak dilaporkan.
Mengandalkan kesuksesan ini, Docquity tengah menjajaki kerjasama
dengan berbagai perusahaan farmasi lain untuk mendigitalisasi PAP, serta
meliputi bidang pengobatan lain, melibatkan semakin banyak dokter, dan
menyediakan program ini bagi berbagai warga Filipina.
Docquity adalah komunitas profesional terbesar dan terpercaya
di Asia Tenggara yang beranggotakan tenaga kesehatan. Docquity
memiliki visi menghubungkan tenaga kesehatan demi menciptakan kehidupan yang
lebih sehat di seluruh dunia dengan skala luas. Docquity membantu tenaga
kesehatan untuk belajar, terhubung, dan berkembang. Docquity juga berkolaborasi
dengan berbagai perusahaan untuk melibatkan dan mengedukasi tenaga kesehatan,
serta memperoleh analisis tentang pekerjaan mereka.
Lebih dari 300.000 dokter kini bergabung dengan platform
Docquity. Kantor-kantor Docquity juga tersebar di India, Indonesia,
Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Taiwan. (Tim liputan)
Editor : Aan
