Bappeda Pontianak Terima Penghargaan dari Rektor Untan

Editor: Redaksi author photo

 Bappeda Pontianak Terima Penghargaan dari Rektor Untan
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Bappeda Kota Pontianak mendapatkan penghargaan atas kolaborasi bersama dengan Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi (PPIBT) Untan dalam agenda Incubator's Day 2022 di Hotel Mercure Pontianak. Kolaborasi bersama tersebut terwujud lewat Klinik Inovasi Tematik Bersama 'Kite Bise' yang dibangun dengan kesamaan visi untuk meningkatkan kualitas inovasi Pemerintah Kota Pontianak. Rabu (30 November 2022).

Penghargaan tersebut diberikan Wakil Rektor Untan Bidang Akademik, Radian kepada Kepala Bappeda Pontianak yang diwakili Kabid Litbang Bappeda Pontianak, Eko Prihandono.

Kabid Litbang Bappeda Kota Pontianak, Eko Prihandono mengatakan kolaborasi bersama Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi Untan dimulai sejak setahun terakhir. Salah satunya dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tanjungpura yang menjadi induk lembaga. 

"Kami bersama LPPM lewat PPIBT Untan menggagas Klinik Inovasi Tematik Bersama 'Kite Bise' untuk meningkatkan kualitas inovasi Pemerintah Kota Pontianak," kata Eko Prihandono.

Klinik Inovasi Tematik Bersama 'Kite Bise' dimulai lewat coaching clinic inovator, workshop inovasi, hingga program Pontianak Innovators Academy for ASN 2022 yang kini masih berjalan. Sasarannya para ASN Kota Pontianak. Menurut Eko, hal ini penting sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan daya saing Kota Pontianak.

"Indeks Daya Saing Kota Pontianak kini sudah masuk 14 besar nasional untuk tingkat kota. Indeks Inovasi Daerah kita ada di kategori inovatif. Kami yakin capaian ini akan dan bisa ditingkatkan," jelasnya.

Selain peningkatan kapasitas ASN Pemkot Pontianak, dalam peningkatan kualitas inovasi, Klinik Inovasi Tematik Bersama 'Kite Bise' juga ingin menjadi ruang kolaborasi langsung antara unit kerja dengan start up lokal. "Kolaborasi ini harus bisa diperluas dengan semua jejaring inovasi yang ada di Kota Pontianak," tutupnya.

Dalam sambutannya, Ketua PPIBT Untan, Nelly Wahyuni menyebut kolaborasi merupakan salah satu tantangan dalam inovasi. Kerja bersama tersebut diharapkan terus tumbuh. Salah satunya lewat kegiatan Incubator's Day 2022. Di mana turut digelar Focus Group Discussion (FGD) Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (IBT UNTAN) dengan tujuan menyosialisasikan konsep kerja dan program unggulan dalam rangka membangun sinergi bersama stakeholders hexahelix.

Sementara itu, Manager Inkubator Bisnis Teknologi Untan, Fahrurrazi menjelaskan kolaborasi bersama Bappeda Pontianak dimulai lewat diskusi-diskusi usai kegiatan Incubator's Day 2021 lalu. Dari sana pertemuan intens dilakukan untuk merumuskan progam bersama.

"Karena ini juga pertama kalinya kami bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal peningkatan inovasi. Diskusi dan komunikasi intens dilakukan bersama Bidang Litbang Bappeda Kota Pontianak untuk menemukan model yang tepat," terangnya.

Hingga kini, kolaborasi bersama Bappeda Kota Pontianak dengan Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi Untan terus berlanjut. Salah satunya program Pontianak Innovators Academy for ASN 2022 yang berlangsung November 2022 sampai Januari 2023. (Tim liputan )

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini