Dandim 1203/Ktp Hadiri Acara Gawai Dayak Kabupaten Ketapang Ke VIII

Editor: Redaksi author photo

 Dandim 1203/Ktp Hadiri Acara Gawai Adat Dayak Kabupaten Ketapang Ke VIII
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Dandim 1203/Ktp Letkol Inf Alim Mustofa, menghadiri Acara Gawai Adat Dayak Kabupaten Ketapang Ke VIII yang dibuka secara resmi oleh Sekda Ketapang Alexander Wilyo, S.STP., M.Si. di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang, Senin (10 Oktober 2022). 

Sekda menerangkan bahwa acara tersebut merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diterima bagi seluruh warga masyarakat. Selain sebagai ungkapan syukur dan pelestarian budaya gawai Dayak kita isi dengan menampilkan berbagai macam acara kesenian, perlombaan permainan rakyat dan olahraga tradisional serta pameran produk kerajinan khas Dayak yang dapat menarik kunjungan wisatawan Lokal maupun Nasional.

"Kegiatana ini selain uingkapan sukur kita pada Tuhan juga guna menampilkan berbagai acara kesenian yang ada di Kabupaten Ketapang,"ungkap Sekda Ketapang.

Untuk itu Pemkab Ketapang memberikan kesempatan yang sama kepada Paguyuban Etnis dan komunitas budaya di kabupaten Ketapang untuk berpartisipasi dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah agar tetap Lestari dan terus berkembang. Sebagai wujud perhatian terhadap pelestarian budaya daerah. 

"Maka setiap tahun anggaran pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran fasilitas pelaksanaan Acara-acara seni budaya di Kabupaten Ketapang. Salah satunya adalah Gawai Adat Dayak Kabupaten Ketapang Yang ke VIII tahun 2022 ini kita laksanakan di Kecamatan Sandai,” tandasnya.

Dandim 1203/Ktp menerangkan, acara adat merupakan identitas suatu wilayah sebagai wujud keberagaman seni budaya Indonesia, acara adat sendiri perlu dilestarikan dan dijaga eksistensinya untuk menjadi daya tarik suatu wilayah juga sebagai simbol kearifan lokal, untuk itu guna mendukung pelestarian terhadap budaya dan tradisi adat masyarakat di suatu wilayah terutama di wilayah binaan.

Hadir dalam kegiatan ini Unsur Forkopimda Ketapang, Raja Hulu Aik Laman Sembilan, Demong Sepuluh, Ketua DAD Ketapang, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Ketua Paguyuban Etnis, Para Demong Adat, dan tamu undangan lainnya. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini