Semen Indonesia Dan Pelindo Perkuat Sinergi Pengembangan Usaha

Editor: Redaksi author photo

Semen Indonesia Dan Pelindo Perkuat Sinergi Pengembangan Usaha
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) menandatangani perjanjian induk kerja sama dalam rangka memperkuat sinergi operasional dan pengembangan usaha kedua entitas.

Direktur Utama SIG Donny Arsal mengatakan, kerja sama antara SIG dan Pelindo merupakan upaya penguatan sinergi BUMN untuk memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan.

“Dalam kondisi pasar semen yang hiperkompetitif,operational excelence menjadi keharusan. Pelindo adalah mitra strategis bagi SIG untuk mencapai operasional supply chain yang efisien dan eksekusi yang cepat dari kekuatan infrastruktur dan sarana penunjang yang ada,” ujar Dony.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, kerja sama SIG dan Pelindo merupakan upaya meningkatkan komunikasi koordinasi dan sinergi pengembangan usaha.

“Kami berharap, SIG dan Pelindobisa mengembangkan potensi-potensi dengan komunikasi dan pengambilan keputusan yang lebih cepat sampai kelapangan sehingga bisa saling memenuhi kebutuhan dan memberi nilai tambah bagi kedua perusahaan,” ujar Arif.

Terkait kinerja pada paruh pertama 2022 SIG meraih laba bersih Rp829 miliar, meningkat 4,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp794 miliar.

Emiten berkode saham SMGR itu, berhasil mencatatkan kinerja yang baik pada semester I-2022 ditengah kondisi pasar semen yang hiperkompetitif dan kenaikan biaya bahan bakar dan energi.

Permintaan pasar semen domestik mengalami penurunan sepanjang semester I-2022 karena dampak libur lebaran setelah jeda dua tahun pandemi.

Selain itu pasca merger, Pelindo berhasil meraup laba bersih sebesar Rp3,2 triliun pada 2021 naik tipis dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp3 triliun. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini