Lanal Ketapang Gelar Bhakti Kesehatan Donor Darah

Editor: Redaksi author photo


 Lanal Ketapang Gelar Bhakti Kesehatan Donor Darah

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Pangkalan TNI AL Ketapang (Lanal Ketapang) menggelar Bhakti Kesehatan melalui donor darah dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke - 77 Tahun 2022 yang bertemakan membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di 77 Lokasi seluruh Indonesia sehingga tercatat pada rekor MURI. Bertempat di Markas Komando Lanal Ketapang yang beralamat di Jalan Pangeran Cakra, Desa Mekar Utama,  Kecamatan Kendawangan,  Kabupaten Ketapang. Selasa (6 September 2022)

Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M. Tr. Opsla menyampaikan, donor darah pada hari ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan Lanal Ketapang  memperingati dan memeriahkan HUT TNI Angkatan Laut ke - 77 Tahun 2022  sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan untuk misi kemanusiaan dalam masa Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

 "Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan."ucap Danlanal Ketapang. 

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Lanal Ketapang bekerjasama dengan Unit transfusi darah Laboratorium RSUD. Dr. Agoesdjam Ketapang ini setidaknya terdapat 100 orang pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari TNI-POLRI, Jalasenastri Lanal Ketapang, Forkopimcam, Perusahaan Maritim, Pelajar, serta Masyarakat sekitar Kecamatan Kendawangan.  

"Dari 100 peserta yang mendaftar 94 peserta yang dapat diambil darahnya sedangkan 6 peserta lainnya tidak dapat diambil karena terkendala dengan kondisi kesehatan seperti tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat, " jelas Ketua Tim Kesehatan Lanal Ketapang Serda Apm/W Salsabila Atikah Sari. 

Kegiatan donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari salah satu peserta donor darah yaitu  Nurwanto (55 Thn), anggota Kwaran Pramuka yang rutin melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali. Ia mengaku telah mendonorkan darahnya sebanyak 10 kali di sejumlah rumah sakit dan berbagai kegiatan donor darah. Nurwanto rutin melakukan donor darah karena merasa prihatin dan tidak sedikit pasien dalam kondisi gawat yang sulit mendapatkan darah. 

"Semoga hasil donor darah ini bisa membantu dan berguna bagi orang-orang yang membutuhkan darah," harap Nurwanto. 

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Ny. Yani Bambang Nugroho (Ketua Cabang 4 Jalasenastri Korcab XII DJA I). Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan  dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain. 

Petugas Unit Transfusi darah Laboratorium RSUD. Dr. Agoesdjam Ketapang Ahmad Subrata menyampaikan bahwa persediaan darah di RSUD. Dr. Agoesdjam Ketapang masih belum sepenuhnya tercukupi. Akan tetapi berkat kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan oleh Lanal Ketapang ini  setidaknya bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan stok darah di Kabupaten Ketapang.

"Kami berharap menjelang akhir tahun banyak pihak yang mengadakan aksi serupa sehingga stok darah masih aman sampai penghujung tahun",tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini