Akibat Angin Kencang Polsek Batu Ampar Evakuasi KM Harapan Jaya

Editor: Redaksi author photo
 Akibat Angin Kencang Polsek Batu Ampar Evakuasi KM Harapan Jaya 
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) –   KM Harapan Jaya mengalamai laka air di  perairan Padang Tikar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya sekira pukul 13.00 wib, tenggelamnya Kapal Motor Harapan Jaya akibat hantaman gelombang besar pada saat melintas tujuan Rasau Jaya - Desa Sungai Besar Kecamatan Batu Ampar. Jumat ( 23 September 2022).

Kapolsek Batu Ampar Ipda Freddy Surya Purnama ,S.H, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, dirinya mengatakan jika petugas langsung bergerak guna melakukan upaya evakuasi.

“Kami melakukan pengecekan TKP, serta membantu evakuasi Korban, selanjutnya berkoordinasi dengan Polairud dan perhubungan setempat ” ujarnya.

Freddy menjelaskan  kronologi tenggelamnya Kapal Motor Harapan Jaya bertolak dari pelabuhan Rasau Jaya menuju Desa Sungai Besar  akibat cuaca buruk, gelombang air setinggi kurang lebih 2 meter masuk kedalam KM. Harapan Jaya sehingga menenggelamkam kapal. posisi tengelammya KM. Harapan Jaya di sekitar kepala tanjung Desa Padang Tikar Satu Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya.

“Akibat gelombang besar dan ketinggian sampai 2m maka air sampai masuk ke dalam kapal yang mengakibatkan separuh kapal hampir tenggelam.. Pada saat kejadian ABK kapal berupaya mengeluarkan air yang masuk ke dalam kapal menggunakan mesin robin tapi tidak terkendali dikarenakan angin kencang, “ ungkap Freddy 

Kerugian akibat tenggelamnya kapal KM. Harapan Jaya mencapai kurang lebih Rp.60.000.000 , dan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, kapal hanya membawa barang berupa pasir 700 karung, semen con 70 karung, racun rumput 5 kotak dan 3 buah kasur spring bed.

Dapat dijelaskan bahwa kapat tidak membawa penumpang hanya ada 1 orang nakoda dan 2 orang ABK dalam keadaan selamat,

 Freddy mengimbau kepada semua pemilik angkutan umum di wilayah perairan wajib dilengkapi dengan peralatan Lifevest untuk keamanan berlayar karena cuaca tidak menentu tetap utamakan keselamatan diri dan penumpang dan siapkan peralatan yang di perlukan dalam setiap melakukan pelayaran. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini