Gubernur Ikut Jalan Sehat Kebangsaan Bersama Ribuan Warga Kalbar

Editor: Redaksi author photo

Gubernur Ikut Jalan Sehat Kebangsaan Bersama Ribuan Warga Kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum melepas dan ikut serta langsung kegiatan Jalan Sehat Kebangsaan yang dilaksanakan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat Organisasi lintas 24 etnis yang ada di Kalbar.

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta ini semakin semarak ketika diawali dengan pemyerahan 24 Bendera Merah Putih kepada Ketua-ketua Ortganisasi Adat dan Budaya dari 24 Etnis tersebut dan kemudian membawa berjalan mengikuti rute yang telah di tentukan panitia.

Selain Gubernur tampak Juga Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan, SH, Ketua PMP Kalbar, H Sukiryanto, Kepala Badan Kesbangpol, Drs Hermanus, M.Si, Ketua MABM, Prof H Chairil Efendy, MS, Ketua DAD, Ir Jakius Sinyor, Ketua Kerabat, Ketua KKSS, Paguyuban Jawa, Perwakilan Kodam XII/TPR, Perwakilan Danlanud Supadio, Danlantamal XII, Perwakilan Polda Kalbar, Perwakilan Bank Kalbar.

Selain itu tampak semua Ketua-ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat yang megikutsertakan 24 etnis yang ada di Kalbar.

Dalam sambutanya Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar, H Sukiryanto mengatakan bahwa PMP adalah organisasi masyarakat sebagai wadah berkumpulnya semua organisasi adat yang tidak hanya bicara soal adat budaya saja akan tetapi sosial kemasyakaratan serta pembangunan IPM masyarakat Kalbar.

“Kegiatan hari in i adalah puncak kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang Ke-77 yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar, selain sebagai wadah silahturahmi juga sebagai wadah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam mewujudkan IPM dan turut serta dalam pembangunan daerah ini,” jelas H Sukiryanto.

H Sukiryanto juga mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun, hal ini bertujuan untuk terus merawat serta menjaga persatuan dan kesatuan dan memeriahkan hari-hari bersejarah nasional di Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar yang terus menbantu pemerintah dalam menjaga serta merawat keberagaman khususnya di Kalimantan Barat serta turut serta dalam upaya peningkatan IPM di Kalbar.

“Bapak Ibu jangan Salah, PMP ini bukan Pendidikan Moral Pancasila, tetapi Perkumpulan Merah Putih Kalimantan Barat, kepanjangan beda tapi tujuannya sama bagaimana menjaga serta merawat keutuhan bangsa dengan tetap menjaga Persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap H Sutarmidji.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalbar menyampaikan menyampaikan kebanggaannya kepada PMP Kalbar ini, meski berbeda Etnis, Agama dan budaya bisa menyatu dalam satu wadah organisasi sehingga bisa menjaga terus keharmonisan serta hubungan yang tergabung di 24 etnis di kalbar ini.

“PMP ini luar biasa meski berbeda Suku, Agama dan budaya tetapi tetap bisa menjalin silahturahmi dengan baik, dan itulah harapan kita semua, silahturahmi dan komunikasi terus terjalin dengan baik dan tidak memperdebatkan hal-hal sepele yang malah tidak produktif,” ujarnya.

Gubernur Kalbar juga menyampaikan harapannya kepada PMP dan seluruh Masyarakat Kalbar untuk terus mendukung Pemerintah Provinsi dalam membangun wilayah  Kalimantan Barat lebih baik, meskipun dengan keterbatasan anggaran serta hal lainnya dalam membangun  daerah ini.

“Kami mohon dukungan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Kalimantan Barat ini, saya bersama Wakil Gubernur dan  seluruh jajaran berkomitmen terus berbuat yang terbaik agar daerah kita i ni terus maju,” uajarnya.

Seusai memberikan sambutan Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum didampingi Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan, SH, Ketua PMP Kalbar, H Sukiryanto, Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Drs Hermanus, M.Si menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Ketua-ketua Organisasi adat dari 24 Etnis  sebelum melakukan Jalan Sehat Kebangsaan.

Kegiatan Jalan Sehat Kebangsaan tersebut dilepas langsung Gubernur Kalbar yang kemudian langsung mengikuti jalan Sehat tersebut dengan diikuti seluruh undangan dan ribuan peserta denagna rute, Stadion Sutan Sy Abdurahman ke Jalan A Yani menuju belokan depan Masjid Mujahidin ke arah Tugu Degulis Untan dan kembali lagi Stadion Sutan Sy Abdurahman.

 Jalan Sehat Kebangsaan menyediakan hadiah utama 2 unit sepeda motor dan ratusan hadiah hiburan lainnya, dan dari undian utama tersebut diperoleh emak-emak yang mengikti kegiatan mesti diguyur hujan tetapi tidak menyusutkan semangat meraka dan akhirnya wraga Dananu Sentarum Pontianak atas nama Sri dan warga Jl Komyos Sudarso atas nama Septi Maulina berhasil membawa pulang sepeda motor hasil undian Jalan Sehat Kebangsaan yang dilaksanakan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini